Jambi, Antaranews Jambi - Pemerintah Kabupaten Batanghari akan menyalurkan 1.500 meja dan kursi untuk kegiatan belajar mengajar ke sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah itu. 

"Bila di kalkulasikan, sekitar 90 persen meja dan kursi sekolah di tingkat SMP tersebut alami kerusakan, sehingga pada tahun ini dilakukan pengadaan meubeler tersebut," kata Kasi Sarana Prasarana Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Batanghari, Yantoni di Muarabulian, Kamis. 

Yantoni mengatakan, belum diketahui berapa jumlah SMP di daerah itu yang akan mendapatkan bantuan meubeler itu. Saat ini dinas PDK masih melakukan pengkajian terhadap sekolah-sekolah yang benar-benar layak menerima bantuan meja-kursi belajar tersebut. 

Dinas PDK daerah itu berencana akan menyalurkan meubeler tersebut sebelum tahun ajaran baru dimulai. Tujuannya agar  peserta didik dapat menggunakan dan belajar dengan nyaman di tahun ajaran baru nantinya. 

"Teknis pengadaannya melalui sistim e-katalog," kata Yantoni. 

Pengadaan meubeler sarana prasarana sekolah tersebut di anggarkan dinas PDK melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sekitar Rp1,49 miliar. 

Selain SMP, terdapat satu Sekolah Dasar (SD) di daerah itu yang juga akan mendapatkan bantuan meubeler tersebut. Hal itu dikarenakan SD tersebut benar-benar membutuhkan moubeler tersebut. 

"Pada tahun ini fokus bantuan moubeler tersebut untuk SMP, sementara SD yng mendapatkan bantuan tersebut yakni SD yang berada di  Kecamatan Batin XXIV," kata Yantoni menambahkan. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018