Jambi (Antaranews Jambi) - Lembaga pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Jambi melakukan peningkatan pengamanan terutama pada beberapa pos yang ada di dalam lapas tersebut, pasca-kerusuhan yang terjadi di lapas cabang Salemba yang berada di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Kepala kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) Jambi, Bambang Palasara, di Jambi, Jumat mengatakan, kini pihaknya telah meningkatkan pengamanan dengan menambah jumlah personil yang berjaga disetiap pos di lapas Jambi.

Kini di lapas Jambi seluruh pos yang kosong telah diisi dan setiap pos ditempatkan 20 orang personel dan sebelumnya hanya ada sepuluh personil yang berjaga dan kini ditambah lagi 10 personel sehingga jadi 20 personil yang bertugas jaga untuk pengamanan lapas.

"Jika sebelumnya hanya ada 10 personel per regu, kini menjadi 20 personel per regunya," kata Bambang Palasara, usai meninjau Lapas Jambi tersebut.

Ke-20 personel per regu itu, bertambah setelah pihak Kanwil Kemenkumham Jambi menerima CPNS yang baru diangkat tahun lalu dan tahun ini kembali membuka peluang untuk menjadi CPNS Kementerian Hukum dan HAM.

Apabila sebelumnya ada beberapa pos yang tidak terisi kini sekarang semua pos sudah terisi dengan penjagaan oleh petugas dan menurut Bambang, ada empat pos di Lapas Jambi yang saat ini sudah diisi petugas.

Pengamanan yang dilakukan tetap menerapkan standar operasional prosedur (SOP). Dan setiap kali dirinya ke Lapas, yang diperhatikan pertama kali adalah dapur Lapas dan apabila urusan dapur sudah dianggap bagus, barulah dia mengunjungi bagian lain dari lapas, kata Bambang Palasara.***

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018