Jambi (Antaranews Jambi) - Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Saifuddin Jambi mengapresiasi kegiatan dan hasil dari Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW-PTK) XIV/2018 di Riau, salah satunya pembentukan Satuan Karya (Saka) Amal Bhakti.

Hal itu disampaikan Wakil Rektor III UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi Dr Hj Fadlillah melalui Humas UIN Jambi, Sabtu (12/5), terkait berakhirnya perkemahan yang diikuti oleh Pramuka Pandega  dari puluhan perguruan tinggi keagamaan se-Indonesia itu.

"Kami berharap sejumlah rekomendasi yang dihasilkan pada kegiatan PW PTK terutama terkait pembentukan Saka Amal Bhakti dan kurikulum kepramukaan dapat direalisasikan dalam rangka memajukan gerakan kepramukaan di lingkungan PTK," kata Hj Falillah.

Pada kesempatan itu, ia juga mengapresiasi UIN Sultan Syarif Kasim Pekanbaru Riau yang telah sukses menjadi penyelenggara perkemahan itu.

Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK) diikuti oleh 1.500 anggota pramuka Pandega dari 57 PTKIN termasuk UIN STS Jambi, 12 Perguruan Tinggi Umum, Perguruan Tinggi Keagamaan Non Islam dan sejumlah anggota pramuka luar negeri.

Kegiatan ini ditutup dengan penampilan tari piring dari UIN Imam Bonjol Padang dan tari Ulat Sagu persembahan STAIN Sorong.

Rektor UIN Sultan Syarif Kasim Riau Prof Munzir Hitami  menyerahkan piagam penghargaan bagi para pemenang pada kegiatan Ethno Carnaval, Devile Kontingen, Festival Kuliner Nusantara, Aktifitas Media Sosial, Desain Photo booth dan Pentas Seni Nusantara.

Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan XIV se-Indonesia yang digelar di UIN Sultan Syarif Kasim Riau sejak 3 Mei berakhir Kamis (10/5).

Sambutan Direktur Pendidikan Tinggi Islam dibacakan oleh Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan, Syafriansyah mengatakan secara umum ada tiga kegiatan yang dilaksanakan dalam kegiatan PW PTK ke-14 se-Indonesia antara lain kegiatan perkemahan, kegiatan Bakti Karya dan kegiatan penunjang. Kegiatan tersebut telah seluruhnya dilaksanakan dengan baik.

Kegiatan perkemahan  diisi dengan kegiatan ibadah, olahraga dan pengembangan wawasan seperti pengenalan media sosial, workshop teknik fotografi serta workshop pembuatan blog dan vlog. Sedangkan kegiatan Bakti Karya di lokasi homestay antara lain pembangunan taman payung, pembuatan gazebo dan spot selfie. Kegiatan ini dalam rangka membangkitkan perekonomian desa melalui penataan spot wisata agar lebih menarik dan menjadi destinasi wisata bagi masyarakat Riau.

Terakhir adalah kegiatan penunjang antara lain ethno carnaval, festival kuliner nusantara dan pentas seni budaya nusantara. Kegiatan yang menampilkan budaya nusantara dari Sabang hingga Merauke ini dinilai telah sukses menarik perhatian masyarakat kota Pekanbaru.

Dalam perhelatan Perkemahan Wirakarya  PTK ke-14 juga menghasilkan rekomendasi pembentukan Satuan Karya Amal Bhakti untuk pembinaan kegiatan kepramukaan di lingkungan Kementerian Agama.

"Atas nama panitia penyelenggara kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak berpartisipasi mensukseskan PW PTK ke 14 terutama UIN Suska Riau selaku taun rumah dan Pemerintah Provinsi Riau," katanya.

PW PTK akan kembali digelar dua tahun mendatang dengan nominasi tuan ruma antara lain UIN Palembang, UIN Bandung, UIN Mataram dan IAIN Purwokerto.

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018