Jambi,  (Antaranews Jambi) - Komandan Korem 042/Garuda Putih Kolonel Inf Dany Budiyanto mengatakan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) bertujuan mengenang jasa pahlawan dan membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme.

"Kita di sini untuk mengenang bagaimana perjuangan para pahlawan kita dulu merebut kemerdekaan yang sekarang ini kita nikmati," kata Danrem usai ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Satria Bhakti Kota Jambi dalam rangka peringatan Harkitnas 2018, Senin.

Danrem mengatakan semangat cinta tanah air perlu ditumbuhkan khususnya di kalangan generasi muda bangsa Indonesia.

Menurutnya bila tidak ditumbuhkan semangat cinta tanah air, maka bangsa indonesia bisa tercerai berai. Sebab itu salah satu caranya yaitu melibatkan generasi muda dalam memperingati Harkitnas dan menekankan keutuhan NKRI adalah harga mati.

"Untuk itu kita wajib mengisi kemerdekaan ini dengan kemampuan yang kita miliki agar dapat mencapai tujuan nasional yaitu meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan mencerdaskan kehidupan bangsa," katanya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi Fachrori Umar mengatakan ziarah makam dalam peringatan Harkitnas sangat penting untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah mengorbankan dirinya untuk kemerdekaan negara ini.

"Terutama bagi generasi muda menjadi pelajaran penting, bagaimana negara ini dibentuk menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia yang harus terus dipertahankan," tegasnya.

Fachrori mengajak semua pihak untuk membangun negeri dengan penuh kedamaian, demi mewujudkan Indonesia dan Provinsi Jambi yang lebih maju, lebih berdaya saing dan lebih sejahtera.

"Peringatan Harkitnas dilakukan untuk mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita peroleh ini adalah perjuangan dari para pahlawan kita, dan sekarang kita tinggal menikmati kemerdekaan itu," katanya menambahkan.
 


 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018