Jambi (Antaranews Jambi) - Ketua Komisi 1 DPRD Provinsi Jambi mengatakan dirinya berharap para komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Jambi yang baru dilantik mampu bekerja dengan baik dan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

"Saya berharap para komisoner ini profesional, dapat bekerja dengan baik dan sesuai dengan tugas mereka," katanya, Jumat (25/5).

Setelah melewati serangkaian tahapan seleksi, lima komisioner KIP terpilih langsung dilantik. Kelimanya adalah Zulkarnain, Budi Alfian, Harianto, Maroli dan Indra Lesmana.

Pelantikan dilaksanakan di ruang pola kantor Gubernur Jambi oleh Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar.

Sementara mengenai gugatan tiga orang peserta fit and proper test peserta yang tidak lolos sebelumnya ke Komisi 1 DPRD Provinsi Jambi, Agus menjelaskan bahwa gugatan terus berlanjut dan tidak mempengaruhi proses yang berlangsung.

"Gugatan terus berlanjut, tapi para komisoner yang sudah dipilih harus segera dilantik karena menyangkut masa jabatan," tegasnya.

Agus Rama mengaku sudah menjalankan proses fit and proper test sesuai dengan ketentuan. Dia juga mempertanyakan progres yang mana yang dinilai tidak transparan dan tidak objektif, seperti yang digugatkan ke pihak Komisi I DPRD Provinsi Jambi.

"Yang jelas kami sudah laksanakan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan ini sebagaimana mestinya. Ada pengumuman tahapan-tahapan. Kemudian ada pengumuman jadwal pelaksanaan test. Di dalam ketika uji kelayakan kita tanyakan sesuai dengan bidang kerja, sesuai dengan makalah yang mereka buat juga," katanya menjelaskan.

Sebelumnya dalam pelantikan komisioner KIP, Rabu (23/5) kemarin Fachrori mengatakan KIP bertugas untuk menerima, memeriksa dan memutus sengketa informasi publik melalui mediasi dan/atau ajudikasi non litigasi.

Kemudian menetapkan kebijakan umum standar pelayanan informasi publik daerah, menetapkan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Fachrori meyakini dengan pelantikan tersebut memberi harapan keterbukaan informasi di Provinsi Jambi semakin baik.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018