Jambi, Antaranews Jambi - Bupati Muarojambi Hj Masnah Busyro memimpin Apel Tiga Pilar Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang digelar di halaman Markas Polres Muarojambi di Sengeti,  Kamis (7/6).

Bupati bertindak sebagai inspektur upacara yang diikuti oleh jajaran Babinsa TNI, Bhabinkamtibmas Polri serta para kepala desa dan lurah di Kabupaten Muarojambi.  Hadir pada kesempatan itu Kapolres Muarojambi AKBP Mardiono, Dandim Batanghari, Kepala Pengadilan Agama Sengeti, Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) dan MUI Muarojambi serta sejumlah stakeholder lainnya.

Bupati Masnah dalam sambutannya menyebutkan kegiatan apel tiga pilar Kamtibmas itu dalam rangka mendukung tugas-tugas pemerintah daerah , kepolisian dan TNI dalam menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban di Kabupaten Muarojambi.

Apel itu untuk meningkatkan sinergitas Babinda, Bhabinkamtibmas dan kepala desa serta lurah  guna mendeteksi dan cegah dini terhadap ancaman radikalisme dan terorisme serta menciptakan suasana aman dan kondusif di daerah itu.

Ia menyebutkan tugas pokok dan fungsi kepala desa  dan lurah harus  berpegang kepada Pancasila dan UUD 1945 dan memelihara keutuhan NKRI serta meningkatkan kesejahteraan warga. Babinsa bertugas melaksanakan bimbingan teritorial, memberikan penyuluhan bela negara dan membangun masyarakat desa di bidang ketahanan dan keamanan serta Bhabinkamtibmas mengeban tugas pembinaan dan  ketertiban masyarakat.

"Saat ini situasi kamtibmas di Muarojambi dalam keadaan aman dan kondusif, meski ada beberapa kejadian yang membuat situasi keamanan terganggu, namun dengan 'quick respon' tiga pilar Kamtibmas dapat teratasi dengan baik," kata Bupati Masnah.

Baca juga: Mahasiswa STIK-PTIK gelar pengabdian masyarakat di Muarojambi
Baca juga: Wabup Muarojambi hadiri telekonpren pengamanan jalur mudik

Lebih lanjut bupati menegaskan, untuk mengatasi ancaman radikalisme dan terorisme perlu adanya peran dari setiap elemen masyarakat sebagai langkah awal antisipasi terhadap aksi yang dapat mengganggu situasi kamtibmas.

"Langkah yang diambil yakni memberikan penyuluhan dan himbauan, melaksanakan patroli dan membentuk sistem keamanan lingkungan yang baik. Selain dengan siskamling juga menjadikan masyarakat menjadi polisi bagi dirinya sendiri," kata Bupati Masnah.

Ia juga menekankan agar paratur negara terap netral dan tidak berpihak kepada golongan atau kelompok manapun, selalu menjadi informan bagi pimpinan dan menjadi solusi dalam menyelesaikan masalah ditengah masyarakat serta memupuk soliditas antar aparat negara.

"Segera bentuk Pos Kamling di setiap lingkungan rukun tetangga sebagai nwujud antisipasi terjadinya ancaman tindakan radikalisme dan terorisme," kata Bupati Muarojambi itu menambahkan.***

Baca juga: Raih WTP Bupati Masnah apresiasi OPD Muarojambi
Baca juga: Polres Muarojambi buru pelaku penembakan warga mestong

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018