Jambi, (AntaraNews Jambi) - Pelaksana Tugas (plt) Gubernur Jambi, Fachrori Umar menyapa penumpang mudik tujuan berbagai daerah di Indonesia yang menggunakan transportasi udara di Bandara Sultan Thaha Jambi, Selasa.

Dalam pemantauan arus mudik di bandara terbesar di Jambi itu, juga hadir Kepala Kepolisian Daerah Jambi Brigjen Pol Muchlis AS, Danrem 042 Gapu Kolonel Inf Dany Budiyanto dan Sekda Provinsi Jambi M Dianto, Kepala Dinas Perhubungan Varial Adhi Putra serta sejumlah pejabat pemprov lainnya.

Plt Gubernur beserta rombongan menyempatkan diri menyapa para pemudik dan menanyakan tujuan keberangkatan mereka.
    
"Kita tadi juga nanya penumpang, ada yang tujuan ke jawa, Bandung, Jakarta, ada juga ke Riau, Sumatera Barat, Batam dan Palembang. Kemudian ada juga penerbangan lokal seperti ke Kabupaten Muarobungo dan Kerinci," kata Fachrori.
    
Fachrori juga mengatakan dalam pemantauannya bersama Kapolda dan Danrem, situasi arus mudik di bandara tersebut tellihat aman, nyaman dan lancar.
    
"Alhamdulillah kita lihat situasinya nyaman dan tenang, tidak ada gejolak apapun. Kebersihan bandara juga terjaga," katanya menambahkan.
    
Bandara Sultan Thaha Jambi itu saat ini melayani 46 rute penerbangan domestik dari dan ke Jambi dengan tujuan ke berbagai daerah di Indonesia.
    
Terdapat sejumlah maskapai penerbangan yang beroperasi melayani penerbangan di bandara tersebut, yakni Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Sriwijaya Air, Nam Air, Batik Air dan Wings Air.
    
Pengelola Bandara Sultan Thaha Jambi mencatat, jumlah pergerakan penumpang yang berangkat dan datang mencapai 17.325 orang pada arus mudik H-8 hingga H-6 Lebaran atau 7-9 Juni 2018. Diprediksi kenaikan penumpang pada arus mudik tahun ini mencapai 7 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
    
Jumlah penumpang domestik yang melalui bandar udara tersebut diantaranya terdiri dari penumpang berangkat atau meninggalkan Jambi mencapai 8.293 orang dan penumpang berangkat sebanyak 9.032 orang.
    
"Arus mudik hingga saat ini masih lancar, semua penumpang tertib dan terangkut, kita berharap kondisi seperti akan terus beralnjut," kata Junior Manager Operasional dan Pelayanan Bandara Sultan Thaha Jambi, Asep Kurniawan.
    
Asep mengatakan puncak arus mudik masih akan terjadi mengingat para pekerja dan anak-anak sekolah telah memasuki libur lebaran.
    
Terkait dengan jadwal penerbangan tambahan di bandara tersebut, kata Asep tidak ada maskapai yang mengajukan penerbangan ekstra karena kursi setiap maskapai penerbangan di bandara tersebut dinilai masih mampu menghadapi lonjakan penumpang.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018