Jambi (Antaranews Jambi) - Pelaksana Tugas Gubernur Jambi Fachrori Umar mengatakan halal bihalal yang diselenggarakan pemerintah provinsi itu bertujuan memperkuat kebersamaan untuk mewujudkan pembangunan.
    
Hal tersebut disampaikannya usai halal bihalal 1438 Hijriah di halaman dalam kantor gubernur Jambi bersama kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta istri dan seluruh pegawai Pemprov Jambi, Jumat.
    
Fachrori mengatakan pentingnya momentum halal bihalal guna menyempurnakan kemenangan dan kesucian selama menjalankan ibadah bulan suci Ramadhan 1439 H dengan saling memaafkan antar sesama serta meningkatkan amal perbuatan baik.
    
"Berkaitan dengan hubungan sesama manusia untuk saling membersihkan diri dengan tulus dan ikhlas, dan berupaya tidak lagi mengulangi kesalahan dan khilaf yang kita perbuat," ujarnya.
    
Menurutnya manusia memiliki kelemahan dan ketidaksempurnaan sehingga tidak terlepas dari kesalahan. Dan dengan halal bihalal akan memperkuat ukhuwah (hubungan) yang menjadi daya dorong bagi pembangunan Jambi ke depan.
    
"Memperkuat kebersamaan pertama dengan memohon maaf lahir dan bathin dan ke depan kita manfaatkan waktu lebih baik untuk pembangunan Jambi," katanya lagi.
    
Sementara itu dikesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M Dianto mengatakan halal bihalal sebagai wujud mempererat persaudaraan dan persatuan untuk menjalankan tugas penyelenggaraan pembangunan.
    
Dianto juga mengatakan kebersamaan dalam pemerintahan adalah dengan bersama-sama meningkatkan kualitas birokrasi disemua lini, dimana masyarakat menuntut profesionalitas, cerdas dan efektif seorang aparatur negara.
    
"Sebab itu ASN harus berperan aktif dan menjalankan tugas dengan baik serta meningkatkan sarana pelayanan publik, karena kepentingan rakyat menjadi prioritas," tegasnya.
    
Sementara dalam uraian hikmah yang disampaikan Ustadz M. Amin terkait makna halal bihalal itu meliputi tiga hal, yakni dengan menjaga persatuan, sikap berbagi diantara sesama untuk saling memahami serta terus meningkatkan prestasi.  
***4***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018