Jambi (Antaranews Jamb)- Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Jambi Syarif Fasha-Maulana meminta para pendukungnya tidak bereuforia secara berlebihan setelah pasangan itu unggul dalam hitung cepat Pilkada Kota Jambi 2018, yang dilakukan sejumlah lembaga survei.

Dua lembaga survei nasional, yakni Indobarometer dan Charta Politika, pada Rabu petang, merilis pasangan calon wali kota dan wakil wali Kota Jambi Syarif Fasha-Maula unggul atas pasangan Abdullah Sani-Kemas Alfarizi pada Pilkada Kota Jambi 2018.

Dalam hasil hitung cepat "quick count" Indo Barometer itu, dengan data yang masuk 100 persen menyatakan pasangan Fasha-Maulana menang dengan perolehan 55,54 persen.

Sedangkan pasangan Abdullah Sani-Kemas Alfarizi memperoleh 44,46 persen.

Sementara itu, Lmbaga Survei Charta Poilitika pun demikian telah merilis 100 persen hasil hitung cepat Pilkada Kota Jambi.

Dalam hasil hitung cepat, lembaga survei itu menyatakan pasangan nomor urut satu Abdullah Sani-Kemas Alfarizi memperoleh 44,46 persen.

Kemudian pasangan nomor urut dua Syarif Fasha-Maulana memperoleh 55,54 persen.

Calon wali kota Jambi Syarif Fasha dalam kesempatan itu mengatakan, ia bersyukur atas hasil hitung cepat  yang dilakukan kedua lembaga survei itu.

Namun demikian Fasha, menyatakan tetap menunggu hasil resmi dari rapat pleno yang nantinya akan ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi.

"Hasil hitung cepat ini sifatnya sementara, kami masih tetap menunggu hasil resmi yang ditetapkan KPU melalui rapat pleno," kata dia.

Pasangan calon nomor urut dua yang diusung koalisi besar itu mengimbau agar para pendukungnya tidak  euforia dan tetap menjaga agar suasana  aman dan kondusif.

"Harapannya agar Pilkada di Kota Jambi tetap berjalan lancar dan aman hingga proses penetapan nanti. Dan setelah Pilkada ini tidak ada lagi masyarakat yang terkotak-kotak," katanya.

Sementara itu, pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Jambi nomor urut satu, Abdullah Sani-Kemas Alfarizi hingga pukul 19.30 WIB  belum memberikan keterangan terkait hasil hitung cepat.

 

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018