Jambi, Antaranews Jambi - Replika Perahu Kajanglako yang digunakan  para wali saat menyiarkan agama Islam dan perang melawan Portugis pada zamannya menghiasi mimbar tilawah Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-48 tingkat Provinsi Jambi tahun  di Muarabulian, Kabupaten Batanghari. 

"Perahu yang hiasi mimbar tilawah ini merupakan replika perahu kajanglako," kata pembuat replika perahu  Jamasri di Muarabulian, Jum'at. 

Saat ini replika perahu kajanglako tersebut dalam proses pengerjaan. Dalam proses pengerjaannya perahu tersebut diperkirakan akan selesai dikerjakan selama 30 hari kerja. 

Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial Batanghari M Syukri mengatakan, selain sebagai hiasan replika perahu kajanglako tersebut juga merupakan perlambang penyebaran agama Islam di Provinsi Jambi. 


 
Foto Replika perahu kajanglako pada mimbar tilawah MTQ ke 48 tingkat Provinsi Jambi di Kabupaten Batanghari.


"Adanya hiasan perahu kajanglako itu juga merupakan tradisi saat di gelarnya acara-acara besar seperti MTQ ini," kata M Syukri. 

Nantinya replika perahu kajanglako tersebut akan di hiasi ornamen-ornamen motif ukiran khas provinsi jambi. Seperti motif ukiran khas batanghari, angso duo, teratai, durian pecah dan motif lainnya. 

"Motif-motif islami, seperti motif segi lima dan ukiran kaligrafi juga akan menghiasi mimbar tilawah perahu kajanglako ini," kata Jamasri. 

Replika perahu kajanglako tersebut diperkirakan akan selesai dikerjakan dalam sepekan kedepan. Setelah replika perahu tersebut selesai dikerjakan barulah mimbar tilawah dan perahu tersebut akan di ukir dan di hias. ***
 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018