Jambi (Antaranews Jambi) - Seratusan rumah penduduk di Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi akan dijadikan pemondokan kafilah Musabaqah Tillawatil Quran (MTQ) ke-48 tingkat provinsi itu, 21-28 Juli mendatang.
     
Kepala Biro Kesramas Provinsi Jambi, Amsyarnedi dihubungi Antara, Rabu, mengatakan ratusan rumah penduduk sudah disiapkan untuk kafilah dari kabupaten/kota yang akan berlaga di ajang MTQ yang dipusatkan di ex arena MTQ Muarabulian itu.
     
"Semua persiapan sudah 90 persen termasuk pemondokan kafilah. Satu rumah penduduk dihuni 10 orang kafilah," katanya.
     
Rumah-rumah penduduk yang digunakan sebagai pemondokan kafilah itu katanya tersebar di Kecamatan Muarabulian. Seperti kawasan Perumnas dan seputaran Komplek Air Panas. Dan untuk konsumsi disiapkan panitia. 
     
Amsyarnedi juga mengimbau kabupaten/kota untuk mempersiapkan pendaftaran kafilah mereka mulai tanggl 19-20 Juli. Sementara pembukaan digelar 21 Juli dan penutupan 28 Juli.
     
Sebelumnya Panitia Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Jambi juga melakukan rapat persiapan akhir MTQ bersama sebelas kabupaten/kota di provinsi itu. 
     
Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial Setda Batanghari, M Syukri di Muarabulian, mengatakan secara keseluruhan persiapan MTQ tersebut sudah mencapai 90 persen. Baik persiapan secara fisik maupun persiapan penyelenggaraan. 
     
Namun pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Jambi di kabupaten itu gaungnya belum terasa. Sebab itu pihaknya mengeluarkan surat edaran dan meminta bantuan pihak kecamatan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat. 
     
Selain melakukan sosialisasi berupa menyebarkan surat edaran kepada seluruh camat, spanduk-spanduk dan baliho MTQ ke 48 tingkat Provinsi Jambi juga mulai di pasang di tempat-tempat strategis yang dapat dilihat masyarakat luas. 
     
"Kita berharap dengan adanya sosialisasi tersebut, masyarakat juga ikut bersama-sama pemerintah menyukseskan MTQ tersebut," kata Syukri menambahkan.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018