Jambi, Antaranews Jambi - Bertempat di gedung Akper YPSBR, Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Batanghari pada hari ini mendapatkan vaksinasi meningitis dan influenza.

"Ada 131 orang JCH dan pendamping JCH yang di vaksinasi," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Batanghari Nurjali di Muarabulian, Jum'at. 

Berdasarkan data dari WHO, Negara Arab Saudi merupakan endemis penyakit meningitis. Sehingga setiap orang yang berkunjung ke negara tersebut harus di berikan vaksin meningitis. 

Nurjali mengatakan pemberian vaksin meningitis terhadap JCH tersebut merupakan perintah dari kementrian yang di berikan setidaknya satu bulan sebelum JCH di berangkatakan ke tanah suci Makkah. 

Dan untuk pemberian vaksin influenza kepada JCH merupakan kebijakan pemerintah daerah itu. Mengingat di negara tersebut JCH juga rentan terserang penyakit influenza. 

"Vaksin meningitis tersebut juga dapat digunakan sebagai perlindungan dan pencegahan terhadap penyakit selaput radang otak dan sum sum tulang belakang," kata Nurjali. 

Anggaran dana pemberian vaksin meningitis terhadap JCH tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Sementara vaksin influenza bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) daerah itu tahun 2018. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018