Jambi, Antaranews Jambi - Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Jambi mengisi acara sarasehan pada kegiatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-46 tingkat Provinsi Jambi yang digelar di Muarabulian Kabupaten Batanghari.

"Sarasehan ini sangat strategis karena perwakilan petani dari sebelas kabupaten/kota di Jambi hadir, diharapkan bisa mendorong peningkatan sumber daya manusia sektor pertanian," kata Kepala BPP Jambi Sabir didampingi widyaiswara Lindung di Muarabulian, Jumat.

Sarasehan di ajang HKP Jambi itu mengusung spirit "Semangat HKP ke-46, Kita tingkatkan kuantitas produk pertanian untuk meningkatkan nilai tukar petani, menuju Jambi Tuntas 2021".

Pada sarasehan itu, juga menjadi ajang tukar pikiran, pengalaman dan ide serta yang terpenting tersampaikannya masalah para petani, para peternak dan pelaku usaha perikanan, termasuk pula para petani yang terlibat dalam usaha perkebunan.

"Diharapkan masukan dan keluhan petani kepada pemerintah daerah menjadi masukan untuk penetapan strategi pertanian  ke depan," katanya.

Sementara itu widyaiswara BPP Jambi Lindung menyatakan, sarasehan itu tujuan utamanya untuk menampung potensi dan permasalahan sektor pertanian dari para petani di daerah masing-masing.

"Masukan itu didorong untuk kemudian dapat menambah pendapatan para petani serta membuka pengetahuan dan sudut pandang petani untuk lebih maju dan memanfaatkan teknologi pertanian," kata Lindung.

Kegiatan Hari Krida Pertanian ke-46 tahun 2018 tingkat Provinsi Jambi digelar 12-14 Juli 2018 di Muarabulian Kabupaten Batanghari. Selain diskusi dan sarasehan, juga digelar berbagai kegiatan lomba  seperti lomba bekarang, terdapat lomba lainnya pada rangkaian peringatan HKP tersebut. Di antaranya lomba stnad up komedi petani dan penyuluh, lomba asah terampil petani, lomba cerdas cermat penyuluh, lomba cipta menu pangan B2SA.

Serta lomba orasi petani dan penyuluh, lomba identifikasi bibit tanaman hutan, lomba menebak pangan asal hewan, lomba cita rasa jenis kopi, Lomba membedakan jenis kelamin lele, lomba tangkap belut, lomba tarik tambang dan lomba lari karung.***

 

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018