Jambi (Antaranews Jambi) - Candi Muarojambi di Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi menjadi salah satu lokasi yang akan disinggahi kirab obor Asian Games XVIII 2018 pada 3 Agustus mendatang.
     
Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M Dianto di Jambi, Minggu, mengatakan menjadi kehormatan tersendiri bagi Jambi karena dilintasi kirab obor Asian Games 2018, sebab hanya 18 dari 34 provinsi di Indonesia yang dilintasi oleh kirab obor Asian Games dan Jambi menjadi salah satu dari 18 provinsi tersebut.
     
"Ketika kirab obor memasuki kawasan Candi Muarojambi tentu akan dirasakan kemeriahan dan antusiasme masyarakat yang merasakan kegembiraan bahwa candi Muarojambi menjadi lokasi kunjungan dari kirab obor Asian Games tersebut," kata Dianto.
     
Dianto menjelaskan kirab obor Asian Games pertama akan disambut dan diarak dengan rangkaian kesenian tradisional. Rombongan kirab obor ini akan didaulat sebagai tamu kehormatan dan akan disambut dengan tarian selamat datang yang akan dimulai di ruang VIP room Bandara Sultan Thaha Jambi. 
     
"Kegiatan di sekitar kirab obor akan dikelilingi seluruh pesilat di Jambi yang akan mengawal serta menampilkan tarian kreasi baru. Pembawa obor akan didampingi oleh Bujang-Gadis Jambi dan kita akan mengupayakan yang terbaik bagi rombongan," kata Dianto.
     
Dianto mengatakan kirab obor Asian Games 2018 akan mampir ke Jambi setelah sehari sebelumnya berada di Sumatera Barat. Setelah penyambutan di Bandara Sultan Thaha Jambi itu rombongan meluncur ke kawasan Candi Muarojambi disambut wakil bupati dan obor akan diserahkan kepada Bupati Muarojambi.
     
"Setelah itu istirahat, makan siang dan sholat Jumat selanjutnya obor Asian Games akan dibawa oleh beberapa orang pelari terutama atlit Provinsi Jambi yang sudah mendapatkan mendali di tingkat nasional mengelilinggi Kota Jambi," katanya.
     
Secara detail Dianto menyebutkan rute kirab obor Asian Games 2018 setelah dari Kawasan Candi Muarojambi yakni star dari rumah dinas GubernurJambi menuju RS Polisi-Kampus Unja lama menuju Simpang Bata-Hotel Makmur.
     
Kemudian menuju Masjid Agung-Museum Perjuangan-Broni-Simpang Museum ke arah SMA 1-Tugu Juang-Simpang Bawah Transito-belok kanan kantor Imigrasi-Simpang BI dan finis di kantor Gubernur Jambi.
     
"Setiap 500 meter yang membawa obor akan bergantian didampingi pelari dari TNI dan Polri. Saya selaku Sekda sekitar 200 meter membawa estafet terakhir dan akan diserahkan kepada Plt Gubernur Jambi didepan kantor  Gubernur Jambi dan sekitar pukul 17.00 WIB rombongan akan kembali ke Bandara Sultan Thaha untuk selanjutnya dibawa menggunakan pesawat ke Sumatera Selatan," katanya menjelaskan.
     
Seperti diketahui, pesta multicabang olahraga Asia itu akan digelar di Jakarta dan Palembang 18 Agustus-2 September 2018.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018