Jambi,  (Antaranews Jambi) - Perusahaan BUMN di Jambi akan merekrut 23 peserta program "Siswa Mengenal Nusantara" (SMN) untuk berkunjung dan mengikuti pertukaran pelajar ke Provinsi Maluku Utara (Maluku) dalam rangka kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) tahun 2018.

"Kami akan menjaring dan merekrut 20 siswa setingkat SMA dan tiga dari sekolah berkebutuhan khusus untuk mengikuti program ini. Tahun ini peserta dari Jambi akan belajar mengenal nusantara di wilayah Provinsi Maluku Utara," kata PIC BUMN wilayah Jambi Indra Fahmi di Jambi, Kamis.

Menurut Indra yang juga PIC  PT Perkebunan Negara (PTPN) VI Jambi tersebut menyatakan, program SMN merupakan program terdekat yang akan digulirkan dalam kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di wilayah provinsi itu.

Rencananya penjaringan akan dilakukan pada Juli 2018, sementara pelaksanaan atau pemberangkatan peserta SMN dari Jambi akan dilakukan Agustus 2018.

"Kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) ini rutin setiap tahun oleh BUMN, dan tahun ini perwakilan dari Jambi akan dikirim ke Maluku Utara," katanya.

Sedangkan 20-an peserta program yang sama dari Maluku Utara, akan dikirim belajar untuk mengenal lebih dekat Provinsi Jambi. Peserta pendatang dari Malut itu rencananya dikoordinasikan oleh PT Pelindo IV yang menjadi koordinatornya.

Menurut Indra Fahmi, kegiatan itu merupakan salah satu yang akan dilakukan oleh BUMN yang berkantor di Jambi. Khusus untuk program Siswa Mengenal Nusantara, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Nasional (Disdik) di daerah itu baik dalam proses penjaringan pesertanya, pelatihan maupun pendampingan para siswa itu.

"Kami bekerja sama dengan Dinas Pendidikan di Provinsi Jambi untuk penjaringan peserta serta pembekalan materi kegiatannya," katanya.

Pada kegiatan itu, siswa peserta SNM 2018 dari Jambi juga akan dibekali materi cinta tanah air dan bela negara oleh TNI, pelatihan dan peningkatan pemahaman media sosial dan media massa. Selain itu masing-masing siswa juga dibekali pengenalan keterampilan pembuatan tulisan artikel untuk membantu mereka dalam menulis hasil kegiatan mereka di lapangan.

"Ya akan dibekali tentang pemahaman dan pemanfaatan media sosial serta materi penulisan laporan tulisan dalam bentuk artikel maupun berita, yang akan diberikan sebelum mereka berangkat ke daerah tujuan," kata Indra.

Selain program SNM, kata dia, BUMH Hadir untuk Negeri (BHUN) di Provinsi Jambi juga ada sekitar 14 kegiatan lainnya antara lain yang akan digelar pada Agustus 2018 berupa kegiatan bersama masyarakat terkait pemenuhan kebutuhan masyarakat seperti bedah rumah, pembangunan MCK, elektrifikasi, sarana air bersih, peduli sarana masyarakat SD, pendirian taman bacaan, kegiatan pemberdayaan masyarakat dan kegiatan padat karya.

Selain itu juga akan digelar kegiatan jalan sehat di Kota Jambi serta pelaksanaan upacara bendera Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-73 RI yang akan dipusatkan di Lapangan PTPN VI di kawasan Ness Kabupaten Muarojambi pada 17 Agustus 2018.
 

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018