Jambi, Antaranews Jambi - Tropi supremasi juara atau tertinggi  yang diperebutkan qori dan qoriah dari sebelas kabupaten dan kota pada MTQ ke-48 Provinsi Jambi di Kabupaten Batanghari berbahan baku kristal. 

"Ya, bahan baku tropi tersebut dari cristal,  bupati yang meminta tropi tersebut terbuat dari kristal," kata Kepala Bagian Ekonomi Sejahtera Sekretaris Batanghari M Syukri di Muarabulian, Senin. 

Tropi yang berbahan baku cristal tersebut memiliki tiga jenis ukuran, ukuran-ukuran tersebut disesuaikan dengan peringkat juara dari masing masing cabang yang diperlombakan. Untuk Juara satu memiliki tinggi 18 centimter, juara II dengan tinggi 15 centimeter dan juara ke tiga dengan tinggi 13 centimeter. 

M Syukri mengatakan, Bupati Batanghari terinspirasi dari tropi penghargaan top 40 dari MenpanRB yang di terimanya. Tropi yang diterima Bupati Batanghari tersebut berbahan kristal, sehingga dirinya menginginkan tropi MTQ ke 48 tersebut sama dengan tropi yang di terimanya itu.. 

"Tropi tersebut kita pesan di Jakarta, namun bahan baku tropi berupa kristal tersebut di impor dari Negara Singapura dan Tiongkok," kata M Syukri. 

Pengerjaan pembuatan tropi MTQ ke 48 berbahan baku cristal tersebut memakan waktu sekitar dua bulan. Ada 126 tropi yang di pesan. Pengerjaan tropi tersebut dilakukan dengan detail yang cukup sulit. 

Lambang daerah Provinsi Jambi, Kabupaten Batanghari dan logo LPTQ pada tropi tersebut di ukir menggunakan laser oleh para pengrajin. Sehingga pengerjaannya memakan waktu yang cukup lama. 

Selain berbahan baku cristal, tropi MTQ ke- 48 tersebut juga memancarkan cahaya dari dalam tropi, sehingga menambahkan kesan mewah pada tropi tersebut. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018