Jambi (Antaranews Jambi) - Mantan atlet cabang atletik yang kini jadi wasit internasional asal Jambi, Khaidir menjadi orang pertama yang membawa marathon kirab obor Asian Games mengelilingi Kota Jambi secara bergantian, di Jambi Jumat.

Setelah api disulutkan ke obor Asian Games kemudian diserahkan Danrem 042 Garuda Putih, Kolonel Inf Dany Budiyanto kepada Khaidir, di halaman rumah dinas Gubernur Jambi, bertanda dimulainya kirab obor Asian Games mengelilingi sudut Kota Jambi yang berjarak 10 Km.

Kirab obor Asian Games di Kota Jambi mengambil garis star dari rumah dinas Gubernur Jambi dikawasan Ancol Kecamatan Pasar Jambi dan berakhir atau finish di lapangan kantor Gubernur Jambi diterima oleh Plt Gubernur, Fachrori Umar.

Dalam kirab secara marathon tersebut, selain sejumlah atlet nasional dan mantan atlet nasional, wasit dan pelatih asal Jambi, juga melibatkan mantan perenang nasional yang pernah memperkuat Provinsi  Jambi pada beberapa kali PON lalu, M Akbar Nasution juga ikut andil dari aksi kirab obor Asian Games tersebut di Jambi bersama artis ibukota, Mario Lawalata.

Obor Asian Games yang tiba di badara Sultan Thaha Jambi pada pukul 07.10 WIB dari badara Minangkabau, Sumatera Barat, kemudian setelah itu langsung diterima Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar dan obor dibawa oleh tim kirab diarak menuju ke Candri Muarojambi yang berjarak 22,8 Km dari pusat Kota Jambi.

Di kompleks percandian Muarojambi yang berada di Kabupaten Muarojambi tersebut, obor Asian Games akan dilakukan 'foto boot' dengan latarbelakang candi Muarojambi yang merukan komplek percandian terluas di Indonesia dan Asia Tenggara.

Setelah dari komplek Candi Muaro Jambi, api Asian Games berikutnya dibawa ke Kota Jambi untuk diarak keliling kota.

Sebanyak delapan mantan atlet yang akan berlari membawa obor secara bergantian yang diantaranya adalah Elieser Wettebosi mantan atlet atletik, Olsen Tiger mantan atlet polo air, Harry Maitimu mantan atlet tinju, Baharuddin mantan atlet silat (pelatih), Rasima mantan atlet dayung, Frisca Ira Wibowo mantan atlet wushu, Helen atlet senam, Haidir mantan atletik serta mantan atlet renang Akbar Nasution.

Selain itu obor Asian Games 2018 juga akan dibawa oleh Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis As dan Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Muhammad Dianto. Kirab sendiri akan berakhir di Kantor Gubermur Jambi dan kemudian diterbangkan menggunakan pesawat menuju Palembang, Sumatera Selatan.***

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018