Jambi (Antaranews Jambi) - PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Holding selaku pelaksana Program BUMN Hadir Untuk Negeri 2018 di Provinsi Jambi, menggelar kegiatan pasar murah dengan menyediakan 522 paket sembako murah yang dijual kepada masyarakat pra sejahtera di Kabupaten Tanjungjabung Timur, Jambi, Selasa.

Ketua Panitian BUMN Hadir Untuk Negeri 2018 PIC Jambi, OK. M Irfan Ichlas mengatakan, kegiatan pasar murah tersebut digelar dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke-73 dan merupakan salah satu rangkaian program "BUMN Hadir Untuk Negeri".

"Kegiatan ini intinya kita berbagi kebahagiaan dalam rangka HUT RI ke-73, semoga bangsa Indonesia semakin maju dan masyarakatnya pun semakin sehat dan sejahtera," kata M irfan Ichlas saat membuka kegiatan pasar murah itu.

Pasar murah tersebut yang digelar di Desa Lagan Tengah itu menjual paket sembako murah yang dikhususkan bagi masyarakat pra sejahtera yang bermukim di empat desa, yakni Desa Lagan Tengah, Sungai Tawar, Merbau dan Pandan Jaya di Kecamatan Geragai. Ke-empat desa itu berada di sekitar wilayah kerja perkebunan kelapa sawit PT Mendahara Agrojaya Industry yang merupakan unit usaha PTPN VI.

"Kegiatan pasar murah tersebut merupakan bentuk kepedulian BUMN terhadap masyarakat, sehingga kami bisa selalu hadir di tengah-tengah masyarakat di sekitar wilayah kerja perusahaan," katanya.

Dia mengatakan, paket sembako murah itu disediakan sebanyak 522 paket dengan harga jual Rp25.000 per paket dengan menunjukan kupon yang telah diberikan sebelumnya. Paket sembako murah tersebut berisi beras premium 5 kilogram , gulas pasir 1 kilogram, minyak goreng 1 liter dan teh celup 2 kotak.

Paket yang berisi sejumlah kebutuhan pokok tersebut dijual lebih murah dibanding dengan harga dipasaran yang harga jualnya mencapai Rp100.000.

"Masyarakat penerima paket itu sebelumnya telah dilakukan pendataan oleh pemerintah desa setempat, dan memang berasal dari masyarakat atau keluarga pra sejahtera. Dengan disalurkannya paket sembako murah ini diharapkan dapat membantu meringankan kebutuhan masyarakat," katanya menjelaskan.

Uang hasil penjualan paket sembako murah itu lanjut, Irfan Ichlas, nantinya akan langsung disumbangkan ke panti asuhan dan pesantren di wilayah Provinsi Jambi.

Kegiatan pasar murah itu salah satu realisasi Program BHUN 2018 di Jambi yang dimotori PTPN (Persero) Holding yang diwakili PTPN III, PTPN IV, PTPN V, dan PTPN VI.
Sejumlah warga desa mengantre saat membeli paket sembako murah yang digelar PTPN (Persero) III Holding dalam program BUMN Hadir Untuk Negeri 2018 di Desa Lagan Tengah, Kecamatan Geragai, Tanjab Timur, Jambi, Selasa(7/8) (Antaranews Jambi/Gresi P)


Kepala Desa Merbau, Dullah mengatakan dengan hadirnya program BHUN 2018 melalui kegiatan pasar murah tersebut dapat membantu meringankan kebutuhan pokok masyarakat di desanya itu.

"Ini sangat membantu untuk masyarakat di desa kami, karena selama ini penghasilan ekonomi sebagian masyarakat sedang menurun, karena harga sawit, pinang memang sedang turun juga," kata dia.

Melalui kegiatan pasar murah itu menurut dia, juga turut membantu aparat pemerintah desa untuk menyosialisasikan agar masyarakat turut menyukseskan event Asian Games 2018 dengan cara tidak membakar lahan.

"Di sini sebagian besar lahan gambut, jadi turut membantu sosialisasi pencegahan karhutla, karena kita langsung bertatap muka dengan masyarakat, kami mohon masyarakat agar berhati-hati membakar kebun," katanya.

Sementara itu, salah seorang warga penerima paket sembako, Tumini (54) mengucapkan terima kasih atas hadirnya pasar murah yang digelar perusahaan BUMN itu, sehingga dirinya dapat membeli sembako dengan harga yang relatif murah dibandingkan harga aslinya di pasaran.

"Kami berharap kegiatan seperti ini (pasar murah) kedepannya dapat terus diadakan," kata Tumini yang ditemui usai membeli sembako murah itu.
Warga desa membawa paket sembako murah, usai membelinya dalam kegiatan pasar murah Program BUMN Hadir Untuk Negeri 2018 di Desa Lagan Tengah, Kecamatan Geragai, Tanjab Timur, Jambi, Selasa (7/8). (Antaranews Jambi/Gresi P)

 


 

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018