Jambi, (Antaranews Jambi)- PT Perkebunan Nusantara (Persero) Holding diwakili PTPN3, PTPN4, PTPN5 dan PTPN6 melaksanakan pembangunan jalan cor yang menjadi akses masyarakat menuju pemakaman umum di Desa Bento, Kecamatan Kayu Aro Barat, Kabupaten Kerinci, Jambi.

"Pembangunan jalan tersebut sebagai bentuk kepedulian perusahaan yang hadir langsung dengan programnya di tengah masyarakat," kata Asisten Kepala Unit Usaha Kayu Aro PTPN6 (Persero) Heri Kurniawan di Kerinci, Sabtu.

Program Padat Karya Tunai pembangunan jalan cor sepanjang 150 meter dan lebar 2,5 meter tersebut, salah satu realisasi Program BHUN 2018 di Provinsi Jambi yang dimotori PTPN (Persero) Holding yang diwakili PTPN3, PTPN4, PTPN5, dan PTPN6.

Untuk pembangunan jalan cor tersebut dilaksanakan di lokasi Desa Bento, karena desa tersebut berada di lingkungan Perkebunan Teh Kayu Aro yang merupakan Unit Usaha PTPN6.

Dipilihnya lokasi pembangunan jalan cor di wilayah desa tersebut kata Heri, karena pertimbangan fasilitas sosial yakni utamanya akses jalan menuju pemakaman umum yang sulit ditempuh terutama saat musim hujan.
 
Masyarakat antusias mengikuti kegiatan padat karya tunai di Desa Bento Kecamatan Kayu Aro Barat Kabupaten Kerinci . PT Perkebunan Nusantara (Persero) Holding diwakili PTPN3, PTPN4, PTPN5 dan PTPN6 melaksanakan pembangunan jalan cor yang menjadi akses masyarakat menuju pemakaman umum di desa itu. (Gresi Plasmanto)

"Pertimbangan lain pembangunan jalan cor di Desa Bento, karena desa ini letaknya berada di lingkungan Perkebunan Teh Kayu Aro, dan juga sebagian besar masyarakat bekerja di perkebunan teh di sini," katanya.

Pembangunan jalan cor itu juga dilakukan dengan melibatkan masyarakat setempat sehingga dengan keterlibatan tersebut dapat meningkatkan sinergi antara penduduk desa dan perusahaan di wilayah kerja

"Dengan melibatkan masyarakat tentu akan semakin mempererat hubungan perusahaan BUMN dengan masyarakat desa di lingkungan perusahaan," ujarnya.

Selain itu, pihaknya meminta masyarakat agar memiliki rasa saling memiliki dengan bersama-sama menjaga fasilitas jalan yang telah dibangun itu.
 
Kegiatan padat karya tunai yang digelar dalam rangka BHUN 2018 di Kayu Aro Barat Kabupaten Kerinci (Gresi Plasmanto)

Sementara itu Kepala Desa Bento, Ngalimin mengatakan, pemerintahan desa sangat mengapresiasi program BUMN Hadir Untuk Negeri yang pada tahun ini melaksanakan program di desanya.

"Pembangunan jalan cor ini yang sangat membantu, apalagi jalan menuju pamakaman. Dengan kerjasama ini bisa kita tingkatkan lebih baik sehingga menjadi hubungan yang harmoni dan sinergi antara masyarakat desa dan perusahaan," kata Ngalimin.

Apalagi lanjut dia, Desa Bento yang dihuni 390 KK itu sebagaian besar masyarakatnya bekerja sebagai pemetik teh dan sebagian lagi pensiunan PTPN6 yang sebelumnya bekerja di Perkebunan Teh Kayu Aro.

"Kami berharap agar bantuan program padat karya tunai seperti ini bisa terus belanjut, karena sangat bermanfaat untuk masyarakat desa," kata Ngalimin menambahkan. ***
Panitia BHUN 2018 wilayah Jambi berfoto bersama dengan warga peserta kegiatan padat karya tunai yang digelar di Desa Bento Kayu Aro Barat Kabupaten Kerinci .(Gresi Plasmanto)


 

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018