Jambi (Antaranews Jambi) - Pemerintah Kabupaten Bungo Provinsi Jambi, Minggu, menggelar kirab bendera merah putih raksasa dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 RI.
     
Belasan ribu warga Kabupaten 
Bungo itu bersama-sama membawa bendera merah putih berukuran lebar tiga meter dan panjang 240 meter dengan mengelilingi ibu kota kabupaten itu.
     
Kirab bendera raksasa itu dimulai dari arena car free day di depan rumah dinas Bupati Bungo ke arah SMPN 1 Muarabungo-Makodim 0416 Bute-jalan satu arah ke lapangan Puspa Ragam-Bank Jambi-Simpang Jaya Setia ke arah Puskesmas Muarabungo-Simpang Empat Air Mancur dan finisnya kembali di depan rumah dinas Bupati Bungo.
     
Bendera raksasa dengan berat 100 kilogram itu dibentangkan di atas kepala pembawa kirab kemudian diarak keliling Kota Muarabungo. 
     
Selain dibantu warga sebanyak 500 petugas pembawa bendera raksasa itu terdiri dari anggota TNI, Polri, pejabat dan perwakilan OPD, anggota Persit dan Bhayangkari, pengurus TP-PKK, organisasi wanita dan sejumlah elemen lain seperti Ormas, OKP, mahasiswa dan pelajar.
     
Masyarakat Bungo antusias mengikuti kegiatan tersebut dengan ikut andil dalam momentum bersejarah perdana di Kabupaten Bungo bahkan di Provinsi Jambi.
     
Bupati Bungo, H Mashuri mengatakan pawai bendera raksasa dilakukan untuk menyambut HUT ke-73 RI. Lewat kegiatan itu diharapkannya dapat memperkuat jiwa nasionalisme dan patriotisme generasi dalam mengisi kemerdekaan.
     
"Ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme masyarakat terhadap bangsa Indonesia," kata Mashuri.
     
Bupati juga mengatakan persiapan kirab bendera raksasa ini cukup singkat, hanya satu pekan dan masa pembuatan bendera raksasa hanya tiga hari.
     
"Meskipun persiapan cukup singkat, saya sangat bangga masyarakat sangat antusias untuk mengikuti kirab ini," ujarnya lagi.
     
Arak-arakan diawali dengan senam sehat pada pukul 06.00 WIB kemudian diisi dengan pembagian doorprize kepada warga. Kegiatan menyambut HUT RI itu juga di dukung oleh Persatuan Perbankan Daerah Muarabungo dan organizer Komunitas Bungo Kreatif.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018