Jambi (Antaranews Jambi) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, Bachyuni Deliansyah mengatakan dua helikopter 'water bombing' akan tiba di Jambi untuk membantu penanganan kebakaran hutan dan lahan di daerah itu.
     
"Sebelumnya bantuan pusat sudah ada dua helikopter. Tapi dalam waktu dekat akan dua lagi helikopter untuk membantu operasi pemadaman jika ada titik api," katanya di Jambi, Kamis.
     
Dijelaskan Bachyuni, permintaan dua helikopter 'water bombing' tambahan itu sesuai permintaan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi ketika rapat penanganan karhutla bersama Menkopolhukam di Jakarta beberapa hari lalu. 
     
"Ini sesuai permintaan Plt gubernur, dimana saat rapat bersama Menkopolhukam beliau minta tambahan dua helikopter karena Jambi memang butuh," katanya menjelaskan. 
     
Selain itu, dengan bantuan helikopter penanganan karhutla di Jambi akan lebih intensif lagi. Apalagi Indonesia tuan rumah penyelenggaraan Asian Games.
     
Bachyuni mengatakan dua helikopter 'water bombing' yang sudah stanby di bandara Jambi itu yakni jenis Bolkow dan Kamov. 
     
"Hari ini helikopter melakukan 'water bombing' di Sogo, Kecamatan Sungaigelam, Kabupaten Muarojambi di lahan gambut. Kemarin sudah dilakukan pemadaman namun api kembali muncul," kata Bachyuni.
     
Sebelumnya Komandan Korem (Danrem) 042/Garuda Putih (Gapu), Kolonel Inf Deny Budiyanto selaku Komandan Satgas Karhutla Provinsi Jambi mengatakan hingga Juli lalu sudah ada 226 hektare lahan dan hutan yang terbakar. Dimana 22 persen diantaranya adalah lahan gambut.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018