Jambi, Antaranews Jambi -  Pimpinan, dosen dan mahasiswa Universitas Jambi (Unja) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan RI dengan menggelar upacara bendera dan berbagai kegiatan lainnya.

Rektor Unja Prof H Johni Najwan SH MH PhD bertindak sebagai inspektu upacara pada kegiatan yang berlangsung di Lapangan Baliuring Kompleks Unja Mendalo Kabupaten Muarojambi.

Kegiatan upacara HUT Kemerdekaan RI tersebut merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa khususnya mahasiswa baru di pergutuan tinggi itu.

Pada kesempatan itu, Rektor Unja membacakan pidato amanat Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Natsir yang salah satunya ungkapan bangga atas prestasi putra bangsa di ajang olahraga yakni medali emas kejuaraan dunia atletik junior Johni dan Timnas U-16 yang meraih Piala AFF.

"Kita Semua merasa bangga akan prestasi  cemerlang putra dan putri Indonesia," katanya.

Sedangkan pada bidang teknologi,  gagasan mahasiswa Indonesia yakni moobil sampah plastik yang menjadi juara pada ajang inovasi teknologi Shell Ideas 360. Juga menjadi juara ajang adu cepat mobil hemat energi.

Sedangkan Hari Teknologi Nasional  ke-23 merupakan wujud penghargaan dan apresiasi atas keberhasilan yang gemilang putra putri bangsa ini.

"Pemanfaatan iptek dan inovasi bagi masyarakat khususnya pelaku ekonomi dan industri masih perku ditingkatkan lagi." katanya.

Untuk itu, kata dia sebagai institusi Iptek harus terus meningkatkan sinergi dengan pelaku industri dan masyarakat. Ke depan masih harus bergulat dan mengatasi banyak tantangan diantaranya pemberantasan korupsi, penguatan daya saing dan revolusi industri 4.0.

"Tantangan ini jangan sampai menjadi aral semangat karena kita yakin  sepanjang bersatu , bergotong royong, bersungguh sunggu dan bekerja keras  dan cerdas serta amanah di bidang masing-masing akan mampu menjawab tantangan," katanya.

Pada kegiatan itu, warga Unja juga menggelar berbagai kegiatan dan lomba yang diikui oleh pimpinan perguruant tinggi, unit, dosen serta mahasiswa Unja.***

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018