Jambi, Antaranews Jambi - Perlombaan panjat pinang meriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia di Kabupaten Batanghari. Muarabulian, minggu. 

Perlombaan panjat pinang tersebut di selenggarakan di lapangan garuda Muarabulian.Terdapat 45 batang pinang yang di perlombakan oleh masyarakat di daerah itu. Perlombaan panjat pinang tersebut di bagi dalam tiga kelompak.

Kelompok pertama terdiri dari empat batang pinang yang di perlombakan untuk tingkat kecamatan, kelompok kedua terdiri dari 26 batang pinang untuk masyarakat umum kategori orang dewasa dan kelompok ketiga terdiri dari 15 batang pinang untuk masyarakat umum kategori anak-anak.

Setiap batang pinang terdiri dari tiga regu pemanjat batang pinang. Dan setiap regu di berikan waktu selama lima menit untuk memanjat secara bergantian. Ada 135 regu yang terdiri dari 786 orang yang ikuti lomba panjat pinang di daerah itu. 

Hadiah yang di perebutkan di atas batang pinang tersebut cukup menarik. Diantaranya terdapat televisi, dispenser, kompor gas, kipas angin, mejikom, jam dinding dan hadiah-hadiah lainnya.

Wakil Bupati daerah itu yang turut hadir menyaksikan perlombaan tersebut mengatakan perlombaan panjat pinang di harapkan dapat mengenangkan perjuang para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. 

"Perlombaan ini hendaknya dapat mengenang jasa para pahlawan kita," kata Wakil Bupati Batanghari Sofia Joesoef. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018