Jambi, Antaranews Jambi - Para peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Jambi yang baru pulang dari Provinsi Maluku Utara (Malut) kembali ke kampung halaman masing-masing dengan membawa cerita dan pengalaman unik ''petualangan" mereka serta membawa pulang sertifikat bertanda tangan Menteri BUMN RI Rini Soemarno.

Penyerahan sertifikat itu dilakukan oleh Ketua Panitia Pelaksana  BUMN Hadir Untuk Negeri dan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) wilayah Provinsi Jambi OK M Irfan Ichlas di sela-sela penyambutan tim SMN Jambi serta penglepasan siswa SMN dari Maluku Utara di Kota Jambi.

"Kegaitan SMN 2018 ini jadikan sebagai pengalaman dan pembelajaran tentang persaudaraan dan persatuan dalam NKRI. Selain itu juga tentang arti dan pentingya kepemimpinan. Dan kalian semua akan memimpin Jmabi dan juga Indonesia di masa depan," kata OK M Irfan Ichlas.
Peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Jambi yang baru pulang dari Provinsi Maluku Utara (Malut) kembali ke kampung halaman masing-masing

Sementara itu rombongan SMN Jambi yang baru tiba di Jambi, berkesempatan bertemu dan bercengkerama dengan 23 siswa peserta SMN dari Maluku Utara yang juga akan kembali ke daeral asalnya.

Pertemuan antara dua siswa pilihan untuk program SMN tahun 2018 tersebut berlangsung di Rumah Makan B'Cik di kawasan Jalan Slamet Riyadi atau kawasan Broni Kota Jambi. Panitia BHUN 2018 Jambi dari PTPN III (Persero) Holding yang diwakili PTPN3, PTPN4, PTPN5 dan PTPN6 secara khusus mempertemukan kedua rombongan SMN itu sehingga mereka bisa berinteraksi dan saling berkenalan satu sama lain.

Masing-masing menceritakan pengalaman mereka selama mengikuti kegiatan SMN, serta bertukar inforamasi sekitar kegiatan masing-masing selama mengikuti program itu.

Pada kesempatan itu, OK Irfan Ichlas menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas kesungguhan para peserta mengikuti program itu dengan berbagai dinamika yang berlangsung selama kegiatan itu digelar baik di Jambi maupun di Maluku Utara. Ia juga memberikan apresiasi dan terima kasih kepada para orang tua yang telah memberikan izin dan dukungan kepada putra-putrinya untuk mengikuti kegiatan itu.

Hadir pula pada kegiatan pertemuan kedua rombongan SMN dari dua provinsi itu para panitia dan PIC kegiatan Siswa Mengenal Nusantara 2018 di Jambi serta Maluku Utara serta para orang tua siswa.

Selanjutnya, para peserta baik peserta SMN Jambi maupun siswa program SMN Maluku Utara dilepas dalam suasana penuh kekeluargaan dan haru. Peserta SMN Jambi selanjutnya diserahkan kepada Dinas Pendidikan daerah masing-masing serta orang tua mereka, sedangkan peserta dari SMN Malut melanjutkan perjalanan pulang melalui Bandara Sultan Thaha Jambi.

Para peserta SMN asal Jambi berada di Maluku Utara Sejak 12 Agustus 2018, dan selama itu mengikuti berbagai program dan kegiatan SMN yang merupakan bagian dari kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri 2018.
Peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Jambi yang baru pulang dari Provinsi Maluku Utara (Malut) kembali ke kampung halaman masing-masing


 

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018