Jambi (Antaranews Jambi) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi akan mengadakan lomba pacu perahu kayu besar bermesin (ketek) dalam memeriahkan Festival Sungai Batanghari 2018 yang akan digelar 22-25 September.
    
Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Provinsi Jambi, Husni dihubungi Antara, Kamis, mengatakan lomba pacu ketek (ketek race) baru tahun ini digelar dalam iven Festival Sungai Batanghari tersebut.
    
"Dalam festival sebelumnya belum pernah kita adakan ketek 'race', mudah-mudahan tahun ini terlaksana dengan sukses," katanya.
    
Selain lomba pacu ketek, juga diperlombakan ketek odong-odong yang dihias. Hal itu dilakukan untuk melestarikan transportasi air yang dulu populer digunakan masyarakat khususnya warga Seberang Kota Jambi.
    
Husni mengatakan Festival Sungai Batanghari akan digelar di kawasan Tanggo Rajo Kota Jambi atau tepian sungai terpanjang di Sumatera.
    
Dalam Festival Sungai Batanghari itu akan ditampilkan kebudayaan dari setiap kabupaten/kota di Jambi. Husni mengatakan dalam iven tersebut tetap menonjolkan kekhasan daerah.
    
"Sama seperti tahun-tahun sebelumnya kita menampilkan dan menonjolkan khas budaya Jambi seperti tarian dan pertunjukan-pertunjukan lainnya," katanya menjelaskan.
    
Selain itu juga disediakan bazar dan stand untuk pelaku UMKM dengan produk khas Jambi. Husni mengatakan iven itu juga harus mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.
    
Husni juga berharap Festival Sungai Batanghari 2018 yang masuk 100 top iven Indonesia itu mampu menyedot wisatawan nusantara dan manca negara. Namun pihaknya tidak menargetkan jumlah kunjungan wisatawan dalam iven tersebut.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018