Jambi, Antaranews Jambi - Pemerintah Kabupaten Batanghari memperingati hari lingkungan hidup sedunia dengan melaksanakan jalan santai bersama masyarakat di daerah itu. 

"Dengan memperingati hari lingkungan hidup di harapkan masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya kebersihan sekaligus dapat menjaga kebersihan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Batanghari Parlaungan di Muarabulian, Minggu.

Daerah itu mengangkat tema kendalikan sampah plastik dalam pringatan hari lingkungan hidup sedunia. Tema tersebut diangkat mengingat tingginya volume sampah, khususnya sampah jenis plastik. 

Selain itu, menurut Parlaungan sampah plastik merupakan sampah yang paling banyak dihasilkan, baik oleh rumah tangga dan masyarakat lainnya. 

"Sekitar 50 persen lebih sampah yang dihasilkan merupakan sampah plastik, selain itu sampah plastik merupakan sampah yang paling sulit terurai sehingga membutuhkan penanganan khusus," kata Parlaungan. 

Peringatan hari lingkungan hidup di daerah itu bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat bagaimana menerapkan hidup sehat tanpa sampah plastik. Serta meningkatkan kreatifitas daur ulang sampah plastik oleh masyarakat. 

Sementara, Sekretaris daerah itu Bakhtiar menyampaikan sambutan Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dalam sambutannya di sampaikan bahwa tema yang di angkat dalam peringatan hari lingkungan hidup sedunia tersebut sebagai perwujudan komitmen bersama seluruh pihak dalam upaya mengatasi bahaya sampah plastik di berbagai belahan dunia. 

"Tema ini mengandung arti motivasi kerja sekuat tenaga untuk atasi sampah, juga kerja yang sistematis dalam mengurangi sampah, mengolah sampah dan melakukan pengelolaan sampah berkelanjutan melalui kegiatan daur ulang," Kata Sekretaris Daerah Batanghari Bakhtiar. 
 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018