Jambi, Antaranews Jambi - Pemerintah Kabupaten Batanghari menggelar  bursa inovasi desa yang di ikuti oleh seluruh pemerintah desa di daerah itu.

"Kegiatan ini diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif dan merupakan salah satu bentuk dukungan kepada desa agar lebih efektif," kata koordinator tim bursa inovasi desa Kabupaten Batanghari Mulawarmansyah di Muarabulian, rabu.

Bursa inovasi desa tersebut di selenggarakan bertujuan untuk meningkatkan kualitas penggunaan dana desa melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Selain itu, program inovasi desa tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan di desa melalui pemanfaatan dana desa secara lebih berkualitas. 

Mulawarmansyah mengatakan Program Inovasi Desa (PID) merupakan strategi pengembangan desa secara berkelanjutan, khususnya dalam bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan. 

Sementara itu, Bupati Batanghari Syahirsah berharap kegiatan tersebut dapat memberikan motivasi dalam melengkapi desain kerangka pembangunan desa yang sudah berjalan. 

"Program ini di harapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif," kata Bupati Syahirsah.

Menurut Syahirsah, 60 persen penduduk merupakan masyarakat yang berada di desa, sehingga pembangunan harus di mulai dari desa. 

Kegiatan bursa inovasi desa tersebut di selenggarakan di gedung pemuda daerah itu. Terdapat 500 peserta yang mengikuti kegiatan tersebut yang terdiri dari pemerintah desa, camat, oraganisasi perangkat daerah dan pendamping desa. 
 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018