Jambi, Antaranews Jambi Universitas Jambi (Unja) telah menandatangani kerjasama dengan Tanoto Foundation untuk peningkatan mutu perkuliahan calon guru di Lembaga Pendidikan Tenaga kependidikan (LPTK).

Kerja sama itu menekankan kepada praktik termasuk mengintegrasikan peningkatan mutu sekolah mitra LPTK dengan perkuliahan calon guru.

Rektor Universitas Jambi Prof H Johni Najwan SH MH Ph.D Saya mengapresiasi Tanoto Foundation yang peduli untuk peningkatan kualitas guru dan calon guru.

"Kerjasama ini akan kita manfaatkan semaksimal mungkin untuk menghasilkan guru professional," kata H Johni Najwan

Penandatangganan kerja sama dan  peluncuran Program PINTAR Tanoto Foundation, di kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta 28 Oktober 2018 lalu.

Program PINTAR atau Pengembangan Inovasi Kualitas Pembelajaran, berfokus pada tiga pendekatan yaitu membangun praktik-praktik baik pembelajaran, manajemen dan kepemimpinan sekolah,  mendukung pemerintah menyebarluaskan praktik-praktik baik, dan mendukung LPTK dan pendidikan calon guru.

PINTAR dirancang untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan dasar melalui program penguatan kapasitas pengelolaan dan kepemimpinan sekolah, peningkatan kualitas guru, serta partisipasi orang tua dan masyarakat.

apendidikan berkualitas akan mempercepat munculnya kesetaraan peluang. Hasil penelitian McKinsey tahun 2017 bahwa program peningkatan kualitas guru dan kepemimpinan sekolah berdampak besar bagi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.

Program PINTAR yang bekerjasama dengan Unja merupakan program pendidikan yang dikembangkan oleh Tanoto Foundation. Program yang dibiayai secara filantropis oleh Sukanto dan Inah Bingei Tanoto ini sebelumnya dikenal dengan nama Program Pelita Pendidikan yang bertujuan mendukung program nasional dalam meningkatkan mutu pendidikan dasar.

Sejak Tahun 2010, program tersebut telah dikembangkan di Sumatera Utara, Riau dan Jambi yang kemudian pada tahun 2018 Program Pelita Pendidikan bertransformasi menjadi Program PINTAR dan pada bulan September 2018, 12 Dosen FKIP Unja telah ikut dalam pelatihan yang diselenggarakan oleh Tanoto Foundation.

 

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018