Jambi (Antaranews Jambi) - Sekretaris Daerah Provinsi Jambi M Dianto mengatakan jenis kopi yang ada di Jambi merupakan yang memiliki kualitas terbaik sehingga terus dipopulerkan salah satunya melalui Festival Kopi.
     
"Provinsi Jambi mempersembahkan kopi untuk dunia melalui Festival 1.000 Kopi Kerinci karena kopi-kopi yang ada di Jambi merupakan kopi yang memiliki kualitas terbaik di dunia," katanya di Kerinci, Sabtu (6/10).
     
Festival 1.000 Kopi Kerinci di Kayu Aro Kabupaten Kerinci yang digelar 06-07 Oktober 2018 itu juga menampilkan berbagai kesenian daerah Kerinci, diantaranya Tari Tapuak Galambuang dan Tari Tgeak Gilo.
     
"Kita memiliki beberapa kopi yang kualitasnya terbaik di dunia, salah satunya adalah kopi Kerinci. Melalui festival ini kita lebih memperkenalkan kopi Jambi ke seluruh nusantara bahkan sampai ke penjuru dunia," kata Dianto.
     
Dia mengungkapkan, kopi Kerinci sendiri meraih juara pertama saat mengikuti lomba pada Jakarta Coffee Week 2018 yang diselenggarakan di PIK Avenue, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara pada September 2018 lalu.
     
Berdasarkan penilaian para juri, kopi Kerinci memiliki kualitas yang baik sehingga para juri menobatkan kopi Kerinci menjadi juara pertama. 
     
Dianto juga mengungkapkan kopi Kerinci sendiri sudah dipesan oleh beberapa negara di dunia karena kualitasnya memang telah diakui dunia, terutama negara Amerika.
     
"Kita juga sudah mengirimkan beberapa kontainer kopi untuk dipasarkan di Seatle, Amerika Serikat," katanya.
     
Dianto juga berharap melalui Festival 1.000 Kopi itu dapat memberikan multiplier effect bagi perekonomian masyarakat Jambi, baik itu pengusaha kopi maupun para petani kopi sendiri sehingga kesejahteraan masyarakat Jambi juga ikut meningkat.
     
Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi, Ariansyah mengatakan kopi Kerinci memiliki skor lebih tinggi dibandingkan kopi-kopi lainnya yang ada di Indonesia. 
     
Sebab itu Pemprov Jambi secara masif terus mempromosikan kopi Kerinci sehingga nantinya kopi Kerinci menjadi lebih populer di seluruh penjuru nusantara bahkan dunia.
     
"Alhamdulillah kopi Kerinci saat ini sudah mulai dicari oleh seluruh penjuru dunia, bahkan roastery dari Portland, Amerika datang ke Kerinci untuk melihat mulai dari budidaya sampai dengan proses kopi menjadi green beans dan roast beans," kata Ariansyah.
     
Ariansyah juga mengimbau para pelaku usaha di Jambi seperti rumah makan, cafe-cafe dan hotel untuk turut mempromosikan kopi Jambi dengan menyediakan kopi Jambi di tempat usahanya, baik itu kopi liberika, arabika maupun robusta yang menjadi kopi andalan Jambi.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018