Jambi, Antaranews Jambi - Pemerintah Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) menggelar sosialisasi Perubahan Kebijakan Kependudukan dan Pencatatan Sipil percepatan e-KTP  yang berlangsung di Aula Kantor Bappeda Sarolangun, Senin, untuk menyukseskan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019.

"Kegiatan sosialisasi ini sangat penting untuk masyarakat, agar informasi mengenai Kependudukan dan Pencatatan Sipil dapat dipahami oleh masyarakat. Diantaranya percepatan pelayanan perekaman data KTP Elektronik bagi wajib KTP," kata Kepala Dinas Dukcapil Sarolangun, Helmi Hamid.

Ia mengatakan sosialisasi perubahan kebijakan kependudukan dan pencatatan sipil guna menyukseskan Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 ini, dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sarolangun H Hilallatil Badri.

Dalam laporannya ia mengatakan  dalam sosialisasi ini diikuti oleh seluruh kades, lurah, camat se-Kabupaten Sarolangun, Komisioner KPU dan Bawaslu, yang dihadiri oleh Anggota DPRD Sarolangun, staf ahli, asisten, Kajari, Ketua Pengadilan dan kepala OPD, para Komisioner KPU, anggota Bawaslu Kabupaten Sarolangun.

"Dengan diadakan sosialisasi ini bisa merapikan data kependudukan untuk penyiapan Data Agregat Kependudukan Kecamatan (DAK2) dan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dalam rangka mensukseskan Pileg dan Pilpres 2019," katanya.

Ia menjelaskan dengan dibukanya acara sosialisasi ini, bagaimana kemudian agar dapat mengerti bagaimana cara mempelajari tentang data kependudukan di desa.

"Acara ini, tentu merupakan momentum yang sangat penting guna memberikan pelayanan publik dan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas penerbitan dokumen kependudukan dan terciptanya database kependudukan yang akurat dalam rangka pemanfaatan data kependudukan untuk pelayanan publik lainnya," kata Helmi.

Wakil Bupati Sarolangun H Hillalatil Badri dalam kesempatan itu mengatakan, adminitrasi kependudukan merupakan salah satu pilar menciptakan pembangunan Nasional komprehensif, yang selanjutnya menjadi fondasi kokoh mewujudkan tujuan Nasional.

"Maka, untuk hal tersebut kita terus berbenah dan berupaya meningkatkan kualitas profesionalisme kerja, sehingga dapat melayani masyarakat dengan baik dan bermutu," kata Hillalatil Badri menambahkan.

Pewarta: Warsun Arbain

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018