Jambi, Antaranews Jambi - Produk baru pompa "Pertamini" atau instalasi penjualan BBM eceran (2 tak) di Jambi tampil lebih "centil" dengan menambahkan gambar tokoh kartun yang populer di masyarakat pada drum atau tanki penampungan BBM-nya sebagai daya tarik.

Tanki penampungan premium atau pertalite itu, tak hanya dicat biasa dengan warna merah strip putih seperti gerai Pertamini kebanyakan, namun produk baru itu  digambari tokoh kartun seperti Pikacu, Doraemon dan Si Jempol yang mendekati pesan  maskot Pasti Pas dari Pertamina.

Pertamini bergambar "centil" itu bisa ditemui di salah satu gerai penjualan di Simpang Rimbo Kota Jambi. Instalasi gerai penjualan BBM eceran di pinggir jalan itu tampil beda dan lebih ceria dibandingkan tanki pompa Pertamini yang selama ini telah ada.

Namun demikian, warna dasar tanki Pertamini itu disesuaikan dengan BBM yang dijual yakni untuk bensin atau premium dengan latar warna dasar merah strip putih, penjualan pertalite warna hijau strip putih dan untuk pertamax warna dasar biru. Masing-masing digambari tokoh kartun.

Alat Pertamini merupakan alternatif  pengisian BBM di Jamb khususnya di lokasi yang cukup jauh dari SPBU. Harga baru pompa Pertamini bervariasi mulai dari Rp3,5 juta hingga Rp5 juta rupiah per unit.

Salah seorang penjual pompa Pertamini di Simpang Rimbo, Sohana (35) menyebutkan perangkat penjualan BBM yang menggunakan pompa yang diputar itu dibuat di Pagaralam dan Palembang  Sumatera Selatan.

"Barang ini dibuat di Palembang, kami  hanya menjadi agen yang menjual di sekitar daerah Jambi ini," kata Sohana.

Di Kota Jambi,  agen distributor Pertamini ada di dua tempat yakni di kawasan Kota Baru dan  Simpang Rimbo Kota Jambi

Sohana menjelaskan alat ini berdaya tampung mulai 160 liter hingga  210 liter yang tergantung ukuran tankinya. Satu unit  Pertamini terdiri dari gelas ukur, pompa oriental (diputar), selang Jepang berkawat sepanjang 4 meter, noozle, neon box serta drum penampung 160 liter dan 200 liter.

"Ada beberapa warna yang dijual, tapi yang paling banyak dibeli Pertamini berwarna dasar merah putih," kata Sohana sebagai pegawai di tempat distributor itu

Dia juga mengatakan satu unit Pertamini dari produk ini dalam kondisi siap pakai dan siap dioperasikan.***

 

Pewarta: Mirza

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018