Jambi (Antaranews Jambi)-  Sebagai mahasiswa memang dituntut untuk kreatif dan mandiri, sehingga ketika menjadi mahasiswa kita tidak hanya mengandalkan penghasilan dari orang tua. Tidak ada salahnya mahasiswa sembari kuliah juga bisa sambil menjalankan usaha atau pun bisnis.

Selain untuk menambah uang jajan, bisnis yang dilakukan mahasiswa juga bisa menambah pengalaman dan pilihan ketika telah lulus kuliah.

Berikut Jambi.antaranews.com merangkum sejumlah peluang bisnis dan usaha yang cocok buat mahasiswa dan dengan modal yang tidak terlalu besar.

Bisnis tersebut bisa dijalankan dan tidak mengganggu tugas belajar di kampus. So... buat kalian mahasiswa apa salah mencoba usaha tersebut; 

Pulsa elektrik

Banyak mahasiwa yang memilih bisnis ini. Selain untuk mulai belajar, modalnya juga kecil. Bisnis ini dapat menguntungkan bila di kelola dengan baik. Dalam sekali penjualanan pulsa, kita bisa mendapat keuntungan Rp 500-Rp 1000. Namun, bisnis ini juga ada risikonya, seperti adanya hutang pembayaran pulsa. Terlebih jika pelanggannya teman sendiri. Jadi, sebelum memulai bisnis, kita harus memperhitungkan kemungkinan terburuk yang akan terjadi.

Makanan kecil

Jika ruang kelas jauh dari kantin, kita bisa gunakan peluang ini untuk menjual makanan ringan serta air mineral. Karena saat pergantian mata kuliah, biasanya mahasiswa akan merasa lapar dan memerlukan makanan ringan untuk mengganjal perut. 

'Online' Shop

Dewasa ini bisnis online shop telah menjamur. Semua kalangan bisa mengerkjakan bisnis ini. Ada banyak forum jual beli online yang menawarkan kemudahan transaksi. Bisnis ini tidak hanya ditujukan kepada teman kampus, tapi bisa juga kepada teman-teman di media sosial. 

Berbagai macam barang yang dapat dijual oleh mahasiswa, seperti baju, rok/celana, sepatu, serta pernak-pernik lainnya. 

Les Privat

Bagi mahasiswa yang mempunyai dasr mengajar, bisa mengerjakan bisnis les privat kepada anak SD, SMP dan SMA, tergantung keterampilan.

Jasa 'Service' Komputer/ Laptop

Bisnis ini cukup potensial, karena sebagian mahasiswa memiliki komputer/laptop. Tapi, bisnis ini hanya dapat dijalani oleh orang yang memiliki keterampilan mengola 'software' dan 'hardware'. 

Selain itu juga harus memiliki peralatan seperti obeng, tang dan alat-alat lainnya. Bisnis ini dapat di promosikan dari teman ke teman atau bisa juga membuka jasa 'service' di tempat umum.

Jasa Penerjemah

Bisnis ini termasuk bisnis yang simple untuk dikerjakan oleh mahasiswa. Cukup menyediakan perangkat ketik, misalnya laptop, 'gadget', ataupun komputer. Untuk memulai bisnis ini, diperlukan kemahiran berbahasa asing. Bisnis ini cocok dikerjakan oleh mahasiswa bahasa, seperti bahasa inggris, bahasa arab, bahasa jepang, dan sebagainya.

Jasa Desain Grafis

Bisnis ini cocok untuk mahasiswa yang senang dan mahir dalam bidang desain grafis. Bisnis ini dapat dimulai dengan menawarkan kepada orang2 terdekat. Orang yang menjalani bisnis ini, dituntut untuk dapat mengoprasikan 'software' semisal 'photoshop', 'corel draw' dan lain sebagainya.

Bisnis Jasa Fotografi dan Videografi

Yang terakhir, bisnis yang cocok untuk mahasiswa yang hobi mengabadikan gambar/video, dan dituntut pula dapat menguasai aplikasi edit foto/video. 

Bisnis-bisnis diatas akan dapat berkembang jika dikelola dengan baik. Jadi, buat kalian yang baru memulai, pintarlah dalam membaca peluang. Dan yang sudah lama di dunia bisnis, semoga selalu berkembang.



 

Pewarta: Fitria Febriana/Gresi Plasmanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018