Jambi, Antaranews Jambi - Universitas Jambi (Unja) menggelar Wisuda ke-83 dan 84 yang berlangsung dalam dua sesi untuk meluluskan 1.330 mahasiswa di Balaiirung Kampus Unja Mendalo Kabupaten Muarojambi, Sabtu.

Kegiatan wisuda dilakukan dalam rapat terbuka Senar Universitas Jambi dipimpin oleh Rektor Unja Prof H Johni Najwan SH MH Ph.D serta dihadiri oleh seluruh senat Unja, wakil rektor serta seluruh pimpinan di perguruan tinggi itu.

Wisuda dilakukan untuk program doktor, magister, profesi, sarjana dan diploma. Pada sesi pertama dilakukan wisuda ke-83 pada Sabtu pagi pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.30 WIB bagi 934 mahasiswa. Sedangkan sesi kedua  wisuda ke084 digelar pada siang hari hingga petang bagi 396 mahasiswa.

"Wisuda kali ini berbeda dengan sebelumnya, karena digelar dalam dua sesi dalam sehari. Jumlahnya sebanyak 1.330 orang. Atas kesepakatan senat, ketua prodi dan dekan maka kita gelar sehari sekaligus," kata Rektor Unja Prof H Johni Najwan SH MH Ph.D.

Kegiata wisuda, selain dihadiri para wisudawan juga dihadiri oleh orang tua masing-masing untuk hadir menyaksikan detik-detik bersejarah bagi putra-putri mereka yang berhasil menyelesaikan pendidikannya di jenjang masing-masing.

Suasana wisuda berlangsung khidmat dan setiap lulusan satu per satu mendapat ucapan selamat dari rektor dan unsur pimpinan perguruan tinggi negeri tertua di Jambi itu.

Tidak sampai di sana, acara juga dirangkai dengan "Malam Keakraban" yang rutin digelar oleh perguruan tinggi itu yang dihadiri oleh wisudawan dan juga apra orang tua masing-masing.
 
"Sejak saya memimpin di Unja, digelar malam keakraban. Hal itu untuk memberikan rasa kebersamaan dan bersyukur atas keberhasilan mereka menuntaskan pendidikan di sini," kata rektor.

Lebih lanjut rektor menyebutkan, kegiatan wisuda ke-83 dan 84 juga disemangangati dengan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2018, yang diharapkan para lulusan dan juga mahasiswa Unja memaknai peringatan itu mengambil nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

"Dengan semangat Sumpah Pemuda, kita lepas sarjana baru Unja. Kami berharap wisudawan menjadi pemimpin dan mendedikasikan ilmunya bagi masyarakat, bangsa dan negara ini," katanya.

Ia juga menyebutkan, jumlah peminat masuk dan menimba ilmu di perguruan tinggi itu terus meningkat. Hal itu menurut dia merupakan kepercayaan dari masyarakat terhadap Unja yang selama ini terus meningkatkan kualitas. Beberapa waktu lalu juga Unja mendapat  penghargaan sebagai perguruan tinggi Badan Layanan Umum (BLU) terbaik nasional.

"Meningkatnya jumlah peminat masuk Unja tidak terlepas dari upaya kita dalam memperbaiki kualitas pembelajaran dengan pengembangan berbagai bidang yang mendukung globalisasi pendidikan yaitu pengembangan infrastruktur dan SDM baik dosen maupun tenaga kependidikan," katanya.

Pada kesempatan itu, rektor berpesan untuk menjaga nama baik almamater dan tetap bersinergi dengan alamamater. Ia juga menyampaikan apresiasi dan selamat kepada para orang tua lulusan yang telah memberikan kepercayaan kepada Unja untuk mendidik putra dan putri mereka.***

 

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018