Jambi (Antaranews Jambi) - Ketua Kwartir Daerah (Kakwarda) Provinsi Jambi, Sudirman mengatakan Perkemahan Pramuka Santri Nasional (PPSN) merupakan gerakan strategis dalam upaya revitalisi gerakan pramuka.

"Gerakan PPSN merupakan gerakan strategis untuk peningkatan ilmu pengetahuan dan ilmu agama. berbagai kegiatan terus dilakukan agar ilmu peserta dapat ditingkatkan," katanya dalam penutupan PPSN V di Bumi Perkemahan Abdurrahman Sayoeti Musa, Sungaigelam, Kabupaten Muarojambi, Selasa.

Sudirman juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Agama RI dan Pemprov Jambi serta Pemkab Muarojambi, masyarakat Sungaigelam dan para peserta dari seluruh provinsi se-Indonesia yang telah bersedia hadir dan telah menyukseskan penyelenggaraan PPSN V tersebut.

Sementara Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M Dianto mengatakan gerakan pramuka merupakan pelopor dalam membentuk karakter untuk membangun pemuda yang tangguh, unggul dan peduli terhadap permasalahan sosial di negeri.
 
Sekda mengatakan Pemprov Jambi mengapresiasi pemerintah pusat dan Kementerian Agama RI yang telah memberikan kesempatan kepada Pemprov Jambi sebagai penyelenggara PPSN V itu.

"Saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat dan Kementerian Agama RI yang telah mempercayai Provinsi Jambi sebagai pelaksana PPSN V serta ucapan terima kasih kepada masyarakat Provinsi Jambi, Kabupaten Muarojambi dan seluruh panitia yang telah mendukung terselenggaranya rangkaian kegiatan perkemahan ini dengan sukses dan lancer," kata Sekda.

Menurutnya, pemuda merupakan pemegang estafet pembangunan yang mesti unggul disemua aspek kehidupan dan pembangunan. Dengan tumbuhnya generasi muda yang tangguh, maka bangsa Indonesia akan benar-benar menjadi negara yang kuat dan maju.

"Bila generasi muda kita memiliki karakter, berpengetahuan dan berketerampilan sebagaimana tertuang dalam esensi Dasa Dharma Pramuka, maka generasi muda akan unggul dan memiliki daya saing yang tinggi," katanya menjelaskan.

Sekda berharap agar pramuka santri terus diberdayakan, khususnya dalam upaya memupuk nasionalisme dan kepedulian sosial di kalangan generasi muda, untuk dapat menuntut ilmu pengetahuan serta mengikuti perkembangan ilmu teknologi yang bisa membawa perkembangan di masa mendatang.

"Saya mengharapkan kepada adik-adik peserta PPSN V agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat, berguna dan bisa menjadikan bekal dalam menghadapi masa depan untuk lebih berprestasi dan berkarya lebih maju lagi," ujarnya.

Seperti diketahui, PPSN V bertema "Pramuka santri menebar kedamaian untuk Indonesia yang kuat dan berkarakter" itu berlangsung di Bumi Perkemahan Sungaigelam, Kabupaten Muarojambi, 24-30 Oktober.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018