Jambi (Antaranews Jambi) - Rusa dan primata merupakan hewan yang rentan terkena penyakit pada musim penghujan sehingga mendapat pengawasan dan perawatan lebih intensif termasuk dalam pemberian nutrisi dan vitamin.

"Terutama rusa, pada musim penghujan rawan terkena penyakit gembung," kata Kepala UPTD Taman Rimbo Kota Jambi Taufiq Bukhari di Jambi, Kamis.

Untuk itu, petugas Taman Rimbo memperketat pengawasan, termasuk memberikan edukasi kepada masyarakat melalui pengumuman untuk ikut menjaga kebersihan dan kesehatan binatang di sana.

Salah satunya dengan mengikti aturan yang ada di kebun binatang yang dipampangkan dalam papan pengumuman bagi pengunjung di sejumlah sudut dan dekat kandang satwa.

"Pengunjung diimbau untuk tidak melakukan aktivitas yang mengganggu hewan, termasuk juga tidak memberi makanan kepada hewan, karena tidak semua makanan cocok untuk mereka," katanya.

Selain itu, kebersihan lokasi juga menjadi pendukung, karena selain menambah keindahan dan kenyamanan, juga sangat berpengaruh untuk menjaga kesehatan hewan.

Selain melakukan pemeliharaan rutin, pihak pengelola Taman Rimbo tidak melakukan kegiatan khusus. Namun demikian tetap memberikan nutrisi dan vitamin yang cukup untuk menambah daya tahan tubuh mereka pada musim penghujan. Selain itu kandang mereka juga telah disesuaikan dengan kebutuhan hewan, salah satunya tempat berlindung saat hujan atau panas.

Kebun binatang lebih dikenal dengan nama Taman Rimba Jambi. Lokasinya berada di Jalan Sunaryo Kecamatan Jambi Selatan. Taman Rimbo itu juga  mendapat tambahan satwa baru yaitu ikan Aligator yang berasal dari hibah masyarakat.

Ikan aligator merupakan spesies terbesar di keluarga gar, dan di antara ikan air tawar terbesar di Amerika Utara.

Sedangkan untuk menambah koleksi binatang, pihak Taman Rimbo melakukan barter pertukaran dengan kebun binatang di daerah lain.

"Penambahan satwa dilakukan dengan barter, bukan membeli karena dalam kegiatan ini tidak ada jual beli binatang," katanya.

Salah satu contohnya melakukan barter atau pertukaran singa betina dengan singa jantan dengan Kebun Binatang di Siantar.

"Kebetulan di Taman Rimbo butuh singa betina jadi barter dengan kebun binatang Siantar yang kelebihan singa betina dan membutuhkan singa jantan," katanya menambahkan.***



 

Pewarta: Nita Priyanti

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018