Jambi (Antaranews Jambi) – Pemerintah Kabupaten Batanghari akan menyalurkan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2019 ke 110 desa di daerah itu dalam dua tahap.

“Berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) yang tengah di rancang, DD tersebut akan di salurkan dalam dua tahap,” kata Kepala Badan Keuangan Daerah Batanghari M Azan di Muarabulian, Rabu.

Tahapan penyaluran DD dari rekening kas umum negara ke rekening kas umum daerah tahun 2019 ini berbeda dengan yang telah dilakukan  dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya, DD tersebut disalurkan dalam tiga tahap. Pada tahap pertama disalurkan sebesar 40 persen dari seluruh jumlah penerimaan DD setiap desa. Tahap kedua juga disalurkan sebesar 40 persen, kemudian ditahap ketiga disalurkan sebesar 40 persen.

Namun ditahun 2019 ini, penyaluran DD tersebut akan disalurkan dalam dua tahap, pada tahap pertama disalurkan sebesar 50 persen dari seluruh jumlah DD yang akan diterima setiap desa. Dan 50 persen sisanya di salurkan  pada tahap ke dua.

M Azan menjelaskan, perbup tersebut masih dalam rancangan, sehingga masih berkemungkinan mengalami perubahan. Rancangan perbup tersebut disusun berdasarkan draf peraturan  yang lebih tinggi yang telah diterima, seperti draf Peraturan Kementerian Keuangan (PMK) dan Peraturan Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

“Harapannya peraturan-peraturan yang lebih tinggi tersebut seperti PMK dan yang lainnya tidak berbeda dengan draf yang telah kita terima, sehingga perbup yang dirancang tersebut tidak lagi alami perubahan,” kata M Azan.

Sementara terkait kegunaannya masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni 70 persen dari DD tersebut digunakan untuk infrastruktur dan 30 persen untuk pemberdayaan.

Untuk jumlah DD yang akan diterima oleh daerah itu pada tahun ini alami penambahan dari tahun sebelumnya sekitar Rp8,6 miliar. Sehingga jumlah DD yang diterima daerah itu menjadi Rp98,51 miliar.

Begitu pula dengan Alokasi Dana Desa (ADD), ditahun 2019 ini ADD juga alami penambahan sebesar Rp1,8 miliar. Sehingga jumlah ADD yang akan disalurkan ke 110 desa tersebut berjumlah Rp100,42 miliar.

“Secara komulatif aloksi ADD tersebut tetap lebih dari 10 persen dari jumlah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Batanghari tahun 2019 ini,” kata M Azan menambahkan. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019