Jambi (Antaranews Jambi)– Ratusan hektar lahan perkebunan karet tua milik masyarakat di Kabupaten Batanghari diremajakan atau direplanting melalui program dari pemerintah daerah setempat.

Sejak tahun 2018 hingga 2019 terdapat 141 hektar kebun karet tua milik masyarakat di lakukan peremajaan. Ratusan hektar kebun karet tua yang diremajakan tersebut tersebar di beberapa kecamatan didaerah itu.

 Pada tahun 2017 terdapat 66 hektar lahan yang telah diremajakan dan ditahun 2018 terdapat 30 hektar lahan. Ditahun 2019 ini pemerintah daerah itu kembali akan melakukan peremajaan terhadap 45 hektar lahan kebun karet tua milik masyarakat.

Sekretaris Daerah Batanghari H Bakhtiar mengatakan, karet merupakan komoditi unggulan Batanghari sejak berpuluh-puluh tahun silam, sehingga kebun-kebun karet tua milik masyarakat perlu dilakukan peremajaan.

“Selain itu peremajaan ini dilakukan agar masyarakat tidak melakukan alih fungsi lahan,” kata Bakhtiar.

Peremajaa kebun karet tersebut dialokasikan oleh pemerintah daerah itu melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Tahun 2017 daerah itu mengalokasikan anggaran sebesar Rp382,8 juta dan ditahun 2018 sebesar Rp168 juta.

Masyarakat yang mendapatkan bantuan tersebut merupakan masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani. Tujuannya agar bantuan tersebut dapat disalurkan dengan prosedur yang mudah dan jelas pemanfaatannya.

Pemerintah daerah itu memberikan bantuan peremajaan kebun karet tersebut mulai dari proses penumbangan pohon karet tua, ren klereng lahan, bibit karet, proses penanaman hingga perawatan kebun karet muda.

“Selain itu, anggota kelompok tani yang bekerja dalam peremajan kebun karet tersebut juga diberikan insentif melalui bantuan tersebut,” kata Bakhtiar.

Selain melalui APBD, masyarakat di daerah itu juga mendapatkan bantuan peremajaan kebun karet dari pemerintah pusat yang di alokasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN). Ditahun 2017 terdapat 300 hektar lahan kebun karet masyarakat yang telah direplanting.

300 hektar lahan tersebut tersebar di enam kecamatan diantaranya di Kecamatan Maro sebo ilir 85 hektar, Kecamatan Muarabulian 75 hektar, Kecamatan Bajubang 37 hektar, Kecamatan Muaratembesi 32 hektar, Kecamatan Mersam 30 hektar dan Kecamatan Maro Sebo Ulu 42 hektar.

Ditahun 2018 dilakukan peremajaan kebun karet seluas 100 hektar dan ditahun 2019 akan kembali dilakukan peremajaan kebun karet dari APBN seluas 350 hektar.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019