Jambi, Antaranews Jambi - Pelaksanaan tes kebugaran calon haji akan dilakukan di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Jambi yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jambi melalui seksi kesehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olahraga.

"Program ini akan digelar di setiap kabupaten kota di Provinsi Jambi ini, kita bekerja sama dengan kantor kementerian agama di daerah itu," kata Staf Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Ny Nurul Hidayat di sela-sela kegiatan itu di Sengeti Kabupaten Muarojambi, Selasa.

Menurut dia, modulnya sama yakni tes kebugaran jantung dan paru serta mengetahui VO2Max setiap calon jemaah haji.

"Tes kebugaran di Muarojambi ini yang pertama digelar tahun 2019 ini, berikutnya kita akan melakukan tes serupa bagi calon jemaah haji di Kota Sungai Penuh tangga; 22 Februari nanti," kata Hidayah.

Baca juga: Ratusan calon haji Muarojambi tes kebugaran jantung-paru (video)
Baca juga: Biaya haji 2019 rata-rata Rp35,2 juta

Ia menyebutkan, tahun ini merupakan tahun ketiga pelaksanaan tes kebugaran bagi para calon jemaah haji itu. Antusiasme mereka cukup tinggi untuk mengikuti tes yang rencananya akan digelar dua kali sebelum keberangkatan ke tanah suci itu.

Sementara itu sebanyak 105 calon haji tahun 2019  di Kabupaten Muarojambi Provinsi Jambi menjalani tes kebugaran jantung dan paru-paru untuk memantau kondisi mereka untuk berangkat ke tanah suci.

"Calon haji Muarojambi sebenarnya ada 161 orang, termasuk cadangan. Namun yang hadir hari ini 105 orang. Kegiatan tes kebugaran ini yang pertama kali digelar tahun ini, kebetulan giliran perdana di Kabupaten Muarojambi," kata Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olah Raga Dinas Kesehatan Kabupaten Muarojambi Moncar Sri Raharjo.***
 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019