Jambi,  (Antaranews Jambi) - Sebanyak 105 calon haji tahun 2019  di Kabupaten Muarojambi Provinsi Jambi menjalani tes kebugaran jantung dan paru-paru untuk memantau kondisi mereka sebagai rangkian persiapan berangkat ke tanah suci.

"Calon haji Muarojambi sebenarnya ada 161 orang, termasuk cadangan. Namun yang hadir hari ini 105 orang. Kegiatan tes kebugaran ini yang pertama kali digelar tahun ini, kebetulan giliran perdana di Kabupaten Muarojambi," kata Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olah Raga Dinas Kesehatan Kabupaten Muarojambi Moncar Sri Raharjo di Jambi, Selasa.

Kegiatan yang digelar oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jambi tersebut sudah merupakan tahun ketiga, dan tahun 2019 ini giliran pertama di Kabupaten Muarojambi.

Sejumlah staf dari Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan Provinsi Jambi yang dimotori Ny Nurul Hidayah berbagi tugas melayani para peserta tes kebugaran yang berlangsung sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

Para peserta yang berasal dari sejumlah kecamatan di Kabupaten Muarojambi tersebut dengan antusias mengikuti tes kebugaran yang digeelar di Kantor Kementerian Agama Muarojambi di Kompleks Pemda di Sengeti.

Diawali dengan pengecekan oleh tim dokter, selanjutnya melakukan peregangan, kemudian setiap calon haji melakukan kegiatan jalan kaki  sejauh 1,6 kilometer.

"Semua peserta berhasil menyelesaikan tahapan tes kebugaran ini,  bahkan empat peserta menembus limit 9 menit untuk jalan kaki jarak 1,6 kilometer," kata Nurul Hidayah.

Para peserta berjalan kaki dengan mengenakan nomor di dada, kemudian melakukan start dan dicatat oleh petugas yang disiapkan. Beberapa calon haji yang sudah berusia lanjut juga bersemangat dan bersuka cita mengikuti tahapan itu.

Beberapa diantaranya bahkan didampingi oleh anggota keluarganya, anak atau cucu, saat berjalan kaki sejauh 1,6 kilometer di kawasan perkantoran itu.

"Saya alhamdulillah bisa mengikuti tahapan ini, bersama istri saya masih bugar. Mudah-mudahan saya diberi kesehatan hingga ke tanah suci nanti," kata Marlis, salah seorang calon haji peserta kegiatan itu.

Baca juga: Tes kebugaran calon haji dilakukan di tiap kabupaten/kota Jambi
Baca juga: Biaya haji 2019 rata-rata Rp35,2 juta

Sementara itu Staf Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Nurul Hidayah menyebutkan, kegiatan tes kebugaran calon haji itu akan dilakukan dua kali di setiap daerah.

"Kita akan lakukan dua kali, ini yang pertama. Sedangkan yang kedua kali akan digelar sekitar Juni mendatang, sebelum keberangkatan. Sehingga akan diketahui apakah ada peningkatan atau malah menurun kebugarannya," kata Nurul Hidayah.

Ia menyebutkan, setiap peserta mendapat hasil penilaian dari kebugaran mereka siang itu dengan kategori penilaian kurang sekali, kurang, cukup, baik dan baik sekali.

"Khusus bagi mereka yang kurang, kami memberikan rekomendasi kepada mereka untuk melakukan latihan fisik. namun tentu disesuaikan dengan usia dan kondisi mereka. Peserta wanita dan pria beda kategorinya," katanya.

Sebenarnya kebuharan fisik ini tak hanya untuk calon haji, namun juga bisa dilakukan seterusnya setiap hari yang disesuaikan dengan pola makan yang sehat dan seimbang.***3***
 

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019