Jambi, Antaranews Jambi - Bupati Muarojambi Hj Masnah Busyro berkomitmen untuk merealisasikan "Gerakan Indonesia Bersih" yang diluncurkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Bupati mendorong gerakan lingkungan tersebut bisa bisa terwujud dan menjadi inspirasi masyarakat di wilayah Kabupaten Muarojambi.

"Gerakan ini diharapkan bisa dilaksanakan secara proaktif di wilayah Kabupaten Muarojambi melalui Dinas Lingkungan Hidup," kata Bupati Masnah saat mengikuti kegiatan peluncuran Gerakan Indonesia Bersih itu di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta Pusat, Kamis.

Bupati Muarojambi menghadiri acara bertema lingkungan itu bersama sejumlah kepala daerah lainnya. Salah satunya yang hadir Bupati Batangari H Sahirsyah.

Selain kegiatan peluncuran Gerakan Indonesia Bersih, juga dirangkai dengan kegiatan Rapat Kerja Nasional Pusat dan Daerah oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI itu.

Kegiatan berskala nasional itu membahas program kegiatan untuk menciptakan lingkungan Indonesia bersih mulai dari kebersihan sungai, laut dan lingkungan.

Terutama terkait penggunaan plastik oleh masyarakat. Salah satu penekannya adalah pengendalian sampah plastik. Pasalnya sampah plastik sangat berdampak kepada lingkungann.

Bila sampah plastik mengambang di laut maupun sungai makan akan terjadi pencemaran lingkungan  baik secara langsung maupun tidak langsung yang membahayakan kesehatan masyarakat dan generasi penerus bangsa ini.

Liingkungan  bersih juga menciptakan dan mendorong industri pariwisata di  daerah wisata. Di sisi lain  pemanfaatan sampah juga bisa mendukung program energi, salah satunya  untuk pembangkit tenaga listrik.

"Kegiatan ini  dapat membantu menciptakan lingkungan bersih," kata Bupati Masnah.

Ia meminta secara khusus kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muarojambi untuk menindaklanjuti gerakan tersebut sehingga bisa merealisasikannya di wilayah Kabupaten Muarojambi.***

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019