Universitas Jambi bekerja sama dengan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia menggelar lomba cerdas cermat untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang dasar negara dan konstitusi.

"Lomba cerdas cermat tersebut diikuti 16 perwakilan sekolah SMA se-provinsi Jambi," kata Dekan Fakultas Hukum Universitas Jambi Dr Helmi saat membuka lomba tersebut di Kampus Unja Mendalo, Muarojambi, Jambi, Jumat.

Lomba cerdas cermat konstitusi tersebut, menurut Helmi, merupakan salah satu media untuk mengaplikasikan atau memahami tentang Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) sebagai dasar negara dan Mahkamah Konstitusi sebagai pengawalnya.

"Kita semua harus memahami dasar negara, karena belakangan ini mungkin berangsur sudah melupakan atau terlupakan," katanya.

Sementara itu, proses seleksi peserta yang mengikuti lomba cerdas cermat tersebut sebelumnya melalui pengiriman video yang bermuat tentang Pancasila dan UUD 1945.

Kemudian setelah lomba cerdas cermat itu, para peserta juga akan bermain permainan "outbond" yang diisi dengan materi dan pemahaman konstitusi yang akan dilaksanakan di Taman Tasik Tun Telanai, Unja pada 23 Maret 2019.

Salah satu perwakilan dari Mahkamah Konstitusi yang turut hadir dalam pembukaan lomba tersebut, Yosi mengatakan, peserta selain mengikuti lomba juga diharapkan bisa menjalin pertemanan dengan peserta lainnya.

"Tidak hanya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang konstitusi. Namun juga menumbuhkan kerjasama dengan tim," katanya.

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019