Kabupaten Kerinci dan Sungai Penuh tetap menjadi andalan lumbung pangan Provinsi Jambi.

Tahun 2018 jumlah Luas Tambah Tanam (LTT) padi yang tercatat resmi di BPS sebagai luas tanam untuk Kabupaten Kerinci adalah seluas 39.440,8 hektar dan Kota Sungai Penuh seluas 8.044,7 hektar, sedangkan untuk total luas tanam padi di Provinsi Jambi adalah 185.432,4 hektar.

Keberhasilan peningkatan data luas tanam ini merupakan hasil dari Program Upaya Khusus Padi, Jagung dan Kedelai (UPSUS PAJALE) yang dilakukan Kementerian Pertanian.

Upaya untuk mencapai swasembada pangan dilakukan melalui pembagian bantuan benih, alat dan mesin pertanian, perbaikan sarana irigasi dan banyak lagi yang lainnya.

Tahun 2019 program UPSUS PAJALE masih tetap dilaksanakan di Provinsi Jambi. Untuk menjaga keberlangsungan tanam dan peningkatan produksi, Tim UPSUS PAJALE BPTP Balitbangtan Jambi melakukan pendampingan di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh pada tanggal 18-20 Maret 2019.

Peningkatan produksi padi dilakukan melalui pembuatan Denfarm padi dengan teknologi yang dihasilkan Balitbangtan seperti penggunaan varietas unggul, penggunaan pupuk organik, penggunaan pupuk berimbang, pengendalian hama dan penyakit terpadu serta teknologi menghasilkan benih padi unggul.

Lokasi Denfarm berada di desa Bandar Sedap Kecamatan Siulak pada Kelompok Tani Kamboja, dengan luasan 5 hektar. Selasa, 19 maret 2019 dilakukan penanaman perdana Denfarm padi, varietas yang ditanam adalah Inpari 28 Kerinci dan Sarinah Label Ungu dengan teknologi Jarwo Super.

Penanaman dilakukan Tim BPTP Balitbangtan Jambi bersama Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kerinci Radium Halis, Babinsa, Tim UPSUS Kabupaten, Penyuluh Pertanian Kecamatan Siulak dan Penyuluh Swadaya, serta Anggota Kelompok Tani Kooperator.

Setelah penanaman padi, kegiatan dilanjutkan dengan rapat koordinasi LTT di aula Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kerinci yang dihadiri oleh Tim LTT BPTP Balitbangtan Jambi Jon Hendri, Tim LTT Provinsi Jambi/Kasi Perbenihan Rusli  beserta Koordinator Penyuluh se-Kabupaten Kerinci.

Rapat koordinasi LTT juga dilakukan dengan Tim UPSUS Kota Sungai Penuh beserta Koordinator Penyuluh se-Kota Sungai Penuh yang dilaksanakan pada Rabu (20/3) di ruang pertemuan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kota Sungai Penuh. Hasil kesepakatan LTT Kota Sungai Penuh pada bulan Maret seluas 861 Ha.

Kesepakatan data LTT di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh untuk bulan Maret 2019 dilakukan dengan melihat potensi tanam yang ada dan kesanggupan petugas lapangan dalam menggerakan petani untuk tanam.***(Jon Hendri/BPTP Jambi)

Pewarta: Syarif/Jon Hendri (BPTP)

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019