Kantor Sekretariat  penyuluh Keluarga Berencana (KB) Kecamatan Kota Baru Kota Jambi yang tidak terlalu lapang menjadi pilihan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) setempat untuk kegiatan rekapitulasi hasil pemungutan suara Pemilu 2019 di wilayah kecamatan itu.

Kendati tidak terlalu luas, ruangan bercat warna biru langit tersebut menjadi pilihan  bagi petugas PPK, Panwascam serta para saksi partai politik untuk menggelar rekapitulasi perolehan suara pemilih dari kecamatan itu.

"Meski bangunan penyuluh KB ini hanya ada satu ruang, tapi bagian luarnya ada selasar yang selama ini tempat parkir kendaraan. Meski sempit, ya tidak ada ruang lain yang bisa digunakan," kata salah seorang petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Di ruangan itu dilakukan penghitungan manual berdasarkan laporan  dari setiap TPS dari sejumlah kelurahan. Masing-masing diumumkan di depan para saksi dari partai politik kontestan Pemilu 2019.

Selain para saksi, sejumlah petugas TPS dan PPS juga hadir untuk memastikan surat suara dari tempat mereka terekap dan tidak ada masalah.

Selain itu sejumlah simpatisan partai politik atau utusan calon legislatif daerah pemilihan setempat juga hadir untuk memastikan hitungan manual itu sesuai dan mendapatkan angka pasti sebagai bahan laporan mereka.

Petugas PPK tak hanya merekap jumlah suara yang masuk untuk partai politik atau calon legislatif, DPD dan capres/cawapres namun juga menyebutkan jumlah pemilih, jumlah pemilih yang hadir, jumlah yang tidak hadir serta jumlah pemilih wanita dan pria di TPS terkait.

Para saksi berjejer di kursi yang disediakan, menghadap ke kotak suara dari TPS untuk kemudian direkap jumlah surat suaranya. Sebuah papan putih menjadi layar untuk memperlihatkan pencatatan dan input data ke  sistem di komputer.

Sementara itu aparat kepolisian dan TNI bersiaga di sekitar Kantor Kecamatan Kota Baru Kota Jambi untuk mengamankan jalannya rekapitulasi surat suara masuk dari TPS di daerah itu.

Pelaksanaan rekapitulasi hasil Pemilu 2019 di Kota Jambi juga masih dilakukan di semua kecamatan di daerah itu. Pelaksanaan Pemilu 2019 di Kota Jambi sempat terkendala banjir di sejumlah titik  seperti di daerah Payo Selincah dan Pall Merah akibat banjir, sehingga diputuskan  24 TPS melakukan pemilihan susulan pada Kamis (18/4) yang berlangsung lancar.

Sementara itu suasana di Sekretariat KPU Kota Jambi pada Sabtu (20/4) masih lengang. Sebuah genset PLN berkapasitas 250 KVA stand bye di seberang jalan depan  KPU Kota Jambi itu untuk mengantisipasi gangguan pasokan listrik ke kantor penyelenggara Pemilu tersebut.

 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019