Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin (UIN-STS) Jambi menyebar puluhan  mahasiswa hafidz Alquran dari Fakultas Dakwah untuk melakukan syiar Islam sepanjang Bulan Ramadhan ke mesjid-mesjid yang ada di Kota Jambi dan sekitarnya.

"Sejumlah tim mahasiswa dari Fakultas Dakwah disebar ke mesjid-mesjid di wilayah Jambi ini, mereka melakukan dakwah melalui pemberian materi kuliah tujuh menit atau kultum, pengajian serta menjadi imam shalat tarawih," kata Kepala Bagian Humas UIN STS Jambi Abdul Rahman di Jambi, Selasa.

Setiap tim yang bergerak mengunjungi mesjid di Jambi itu terdiri dari 4-5 orang mahasiswa yang telah memiliki kemampuan untuk menjadi imam shalat tarawih maupun kegiatan keagamaan lainnya. Beberapa diantaranya juga terlibat dalam kegiatan yang rutin digelar oleh Fakultas Dakwah UIN STS Jambi pada setiap bulan puasa. 

Dengan latar belakang mereka yang hafal Alquran tersebut, menurut Abdul Rahman mereka memiliki kemampuan dan mumpuni untuk melakukan syiar yang juga telah mereka lakukan selama ini, namun diintensifkan lagi pada bulan Ramadhan ini.

Sebagai seorang hafidz Alquran, kata dia maka mereka memiliki kemampuan murotal Alquran yang baik saat memimpin shalat tarawih, atau menyampikan ceramah agama bagi masyarakat.

"Mereka disiapkan untuk terjun di masyarakat, memberikan pencerahan agama pada Bulan Ramadhan. Sebagai hafidz tentunya mereka memiliki  kelebihan dan diharapkan bisa dimanfaatkan di tengah-tengah masyarakat," kata Rahman.

Tak hanya Bulan Ramadhan, para mahasiswa pendakwah UIN Jambi juga memiliki kegiatan rutin menjadi juru dakwah  dan menjadi imam dan khatib pada Shalat Jumat di mesjid-mesjid di kawasan kota itu, yang merupakan bagian dari upaya pengabdian kepada masyarakat.

"UIN Jambi melalui berbagai kegiatan mahasiswa mencoba terus mendekatkan diri kepada masyarakat, terlibat langsung dalam berbagai kegiatan keagamaan dan sosial," kata Abdul Rahman menambahkan.



 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019