Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi M. Dianto minta seluruh pejabat fungsional yang baru dilantik mampu menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mempunyai kompetensi, kinerja, produktivitas yang tinggi, berintegritas dan selalu berinovasi serta mengedepankan kualitas pelayanan publik.

Itu dikatakannya dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat fungsional lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, di ruang Pola Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jambi, Senin.
 
Pelantikan pejabat fungsional itu sesuai keputusan Gubernur Jambi Nomor.419 s/d 588/ Kep.Gub/BKD-3.3/2019 tentang penyesuaian/inpassing dalam jabatan fungsional.

Pejabat fungsional yang dilantik berjumlah 101 orang dari enam instansi Pemprov Jambi dengan rincian jabatan fungsional dokter dua orang, perencana satu orang, pustakawan satu orang, fungsional guru 17 orang, fungsional Polisi Pamong Praja 54 orang, fungsional Polisi Kehutanan 11 orang dan fungsional Penyuluh Kehutanan sembilan orang.

Kemudian fungsional Pengawas Lingkungan Hidup satu orang, fungsional Pengendali Dampak Lingkungan dua orang, fungsional Entomolog Kesehatan satu orang, fungsional Penyuluh Kesehatan Masyarakat satu orang dan fungsional Dokter Utama satu orang.

Menurut Sekda, saat ini pengembangan pola karier PNS tidak harus pada jabatan struktural, sehingga Pemprov Jambi sangat mendukung adanya jabatan fungsional karena jabatan ini mempunyai butir kegiatan yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan secara spesifik berkaitan hasil kerja sesuai dengan peran dan fungsi jabatannya.

"Pejabat fungsional yang dilantik hari ini harus mampu menjadi PNS yang mempunyai kompetensi, kinerja, produktivitas yang tinggi, berintegritas dan selalu berinovasi serta mengedepankan kualitas pelayanan publik," tegas Sekda.

Sekda mengatakan semua PNS harus responsif terhadap dinamika pembangunan yang bergerak cepat dengan tetap memperhatikan azas-azas pemerintahan yang bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme serta selalu memperjuangkan terciptanya pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

Selain itu tantangan pembangunan ke depan kata Sekda semakin berat, oleh karena itu harus lebih semangat bekerja, efektif dan efisien serta menciptakan peluang inovasi untuk meningkatkan kapasitas Provinsi Jambi.

"Tingkatkan kapasitas kerja dengan penuh keikhlasan. Berkerja dengan ikhlas akan menghasilkan kontribusi yang optimal dalam pembangunan di Provinsi Jambi ke depannya," ujarnya.

Sekda juga berharap kepada pejabat fungsional yang baru dilantik dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya dengan dukungan pengembangan kompetensi diri, dedikasi, serta integritas yang tinggi menuju birokrasi yang bersih, transparan dan akuntabel.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019