Apakah anda tahun ini punya rencana mudik menggunakan sepeda motor, Jika iya, maka hal yang harus dilakukan adalah pergi ke bengkel resmi untuk mengecek kondisi motor, agar liburan terasa lebih aman dan nyaman.

Technical Service Supervisor PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen), main dealer sepeda motor Honda di Provinsi Jambi, Erfinando mengatakan pengecekan motor bisa dilakukan kapan saja dan harus dibengkel resmi sepeda motor Honda yaitu Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

"Waktu yang tepat untuk pengecekan sepeda motor adalah pada saat sebelum mudik karena kalau sudah satu pekan menjelang Hari Raya Idul Fitri, AHASS akan penuh dan anda harus antri lebih lama dibanding pekan sebelumnya. Tetapi bukan waktu yang menjadi intinya, pengecekan dan penggantian komponenlah yang harus dilakukan menjelang mudik," kata Erfinando di Jambi, Rabu.

Komponen penting tersebut katanya harus bekerja dengan maksimal, sehingga selama di perjalanan yang jaraknya ratusan kilometer tidak akan menjadi masalah.

Berikut tips dari Sinsen guna mempersiapkan motor yang wajib anda perhatikan sebelum mudik aman dan nyaman:

1. Cek ban

Pemeriksaan meliputi ketebalan, keausan ban dan tekanan angin ban, jika sudah lama dan ban terlihat gundul, segera ganti serta gunakan ban yang dapat di gunakan untuk kondisi jalan yang basah dan kering

2. Periksa komponen ban depan dan belakang

Periksa dan bila perlu ganti komponen roda depan dan belakang secara keseluruhan terhadap fungsi bearing, jari-jari dan velgnya. Cek kondisi roda jangan sampai goyang baik dari velgnya atau dari bearingnya.

3. Cek gear dan rantai roda

Pemeriksaan meliputi keausan rantai, kendur atau berkarat dan jangan lupa menggunakan pelumas rantai agar selama perjalanan tidak ada masalah.

4. Sistem pengereman

Periksa sistem pengereman depan dan belakang, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Periksa keausan kampas rem dengan memperhatikan tanda segitiga pada tuas ayun rem (untuk rem tromol), serta batas garis keausan untuk rem cakram

5. Aki

Pemeriksaan bisa dilakukan dengan cara menghidupkan mesin dengan elektrik starter, cek lampu depan, sein, klakson dan cek performanya jangan sampai mengalami penurunan dari biasanya

6. Ganti oli

Mengganti oli dimaksudkan agar kinerja mesin motor anda bisa semakin optimal saat mudik. Jadi tidak ada salahnya dilakukan walaupun oli motor anda masih terbilang baru.

7. Service.

Pastikan sebelum melakukan perjalanan jauh/mudik lakukan service perawatan pada sepeda motor anda, service sendiri berfungsi untuk melakukan perawatan dan pemeriksaan pada kendaraan anda agar lebih nyaman dan aman saat di kendarai.

8. Pastikan kondisi tubuh anda juga sedang fit.

Dengan istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan jauh akan membuat kondisi badan fit saat berkendara

9. Tools dan kelengkapan unit kendaraan.

Pastikan bahwa tools kelengkapan sepeda motor dalam hal ini tools bawaan dari unit kendaraan sendiri tersedia apabila dibutuhkan dalam keadaan mendadak.***
 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019