Sebanyak 13 siswa dari SMK Negeri 1 Kempas Jambi mengikuti praktik pembuatan pupuk kompos atau organik yang digelar di Kebun Percobaan BPTP Jambi di Sungai Tiga Kabupaten Muarojambi.

Evaluna Sijabat dari BPTP Jambi dalam website BPTP Jambi menyebutkan kegiatan itu merupakan  salah satu bagian dari kurikulum magang untuk memberi pengetahuan secara praktik. Teori sebagaimana teori harus selaras dengan praktik di lapangan.

Para siswa mendapat pendampingan dari tim Kebun Percobaan Sungai Tiga yang langsung memberikan petunjuk dan instruksi dari teori hingga tahapan-tahapan dalam praktik pembuatan pupuk kompos tersebut.

Kegiatan diawali dengan penjelasan teori dan prosedur pembuatan kompos, sebelum para siswa melakukan praktik pembuatan kompos.

Proses pembuatan pupuk kompos memerlukan alat dan bahan seperti cangkul, kotoran sapi, karung berisi rumput dan dedaunan, trichoderma dan terpal.

Setelah semua dipersiapkan oleh siswa magang dan tim kebun percobaan maka proses pembuatan pupuk kompos dimulai.

"Proses pembuatan pupuk kompos dimulai dari meratakan kotoran sapi, membuat rendaman air trichoderma dan menyiram air tersebut secara merata ke kotoran sapi, menyebar secara merata rumput dan dedaunan yang sudah digiling halus kemudian ratakan dan lakukan pengulangan 2 kali. Setelah selesai ditutup dengan terpal," Kepala Kebun Percobaan Sungai Tiga BPTP Jambi.

Siswa magang  sangat antusias dan ikut mengerjakan tahapan demi tahapan yang sudah diarahkan dalam suasana santai tapi serius.  Gelak canda dan tawa menyertai edukasi sektor pertanian tersebut.

Pewarta: Syarif

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019