Korem 042/Gapu mengerahkan personel Babinsa untuk mengisi masa pengenalan lingkungan siswa di tiga sekolah secara serentak dengan memberikan pembekalan wawasan kebangsaan.

"Masa bagi siswa-siswi baru dapat dijadikan moment untuk menambah wawasan kebangsaan yang juga menjadi materi dalam pembekalan," kata Kapenrem 042/Gapu, Mayor Inf Firdaus.

Tiga sekolah tersebut yakni SMA Negeri Titian Teras Abdurrahman Sayoeti, SMA Negeri Titian Teras Muarobungo dan SMA Negeri 5 Kota Jambi.

Firdaus menjelaskan, program pemberian wawasan kebangsaan dilakukan sejak Selasa (16/7) tersebut merupakan salah satu program dari TNI AD yang bertujuan untuk membina generasi muda yang berwawasan luas yang memiliki semangat patriotisme dan kejuangan yang berlandaskan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan tetap menjaga persatuan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Pada kesempatan tersebut Para Babinsa yang sudah ditunjuk mengajak kalangan siswa-siswi untuk selalu peka terhadap perkembangan jaman apalagi dihadapkan pada potensi ancaman globalisasi yang berbasis teknologi internet dan diingatkan untuk meningkatkan prestasi belajar demi terciptanya generasi muda yang tangguh dan mampu beradaptasi dengan perkembangan jaman," ujarnya.

Ia menyebutkan, keterlibatan Babinsa pada kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) ini sesuai dengan Memorandum of Understanding (MoU) antara Gubernur Jambi Fachrori Umar bersama Komandan Korem 042 Garuda Putih Kolonel Arh Elphis Rudy di Aula SMA Titian Teras, Pijoan, Kabupaten Muarojambi, Senin(15/7) lalu.

Penandatanganan kerjasama bersama Korem itu untuk membentuk pelajar SMA Negeri Titian Teras Abdurrahman Sayoeti, dengan SMA Negeri Titian Teras Muarobungo serta SMA Negeri 5 Kota Jambi itu dalam rangka meningkatkan pembinaan karakter siswa-siswi agar menjadi generasi yang unggul secara ilmu pengetahuan dan teknologi.

Namun harus tetap memiliki karakter yang positif. Karena melalui kerjasama ini tentu banyak manfaat yang akan diperoleh dari kedua belah pihak, guna mempersiapkan pendidik dan generasi penerus bangsa yang memiliki kompetensi handal dan jiwa kebangsaan yang kuat serta berwawasan Nusantara.

"Diharapkan dapat membentengi jiwa dan kepribadian generasi muda Jambi ke depan, agar mempunyai karakter yang lebih baik dan dapat mengamalkan nilai-nilai pancasila dan UUD 1945 sehingga menghasilkan generasi muda yang patut dibanggakan bagi bangsa dan negara," kata Firdaus menambahkan.***
 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019