Ratusan pelajar dan masyarakat dari Kota Jambi begitu antusias menyaksikan Kejuaraan Nasional Dayung Tingkat Pelajar yang dilaksanakan di Danau Sipin,  Provinsi Jambi.

“Dari pagi sudah di sini dan minta izin sama guru mau lihat teman yang berlaga, karena teman kita salah satu atlit Provinsi Jambi yang akan bertanding,” kata Widia pelajar di salah satu SMA di kota itu yang menyaksikan Kejurnas Dayung.

Tidak hanya Widia, pelajar lainnya turut antusias menyaksikan kejuaraan nasional itu, ratusan pelajar berjejer duduk dan berdiri di turap dan joging trak yang dibangun di pinggir danau itu. Tidak hanya pelajar, masyarakat setempat turut antusias menyaksikan Kejurnas Dayung itu.

Muslihat salah seorang warga mengatakan cukup senang dengan terselenggaranya Kejurnas Dayung itu. Karena menurut Muslihat di Kota Jambi jarang dilaksanakan kegiatan nasional seperti itu.

Selain pelajar dan masyarakat, juga terdapat ratusan pedagang yang menjual makan dan minuman kemasan di sekitar danau. Kejurnas tersebut merupakan kesempatan bagi pedagang makanan di kota untuk menjajakan dagangannya.

“Ya kita senang lah dengan adanya acara ini, kita berharap acara-acara seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin, khususnya di Kota Jambi ya,” kata Junaidi salah seorang pedagang makanan.

Selain sebagai ajang hiburan bagi masyarakat, kejurnas tersebut juga merupakan kesempatan bagi sejumlah masyarakat untuk menambah pendapatan dengan cara menjual makanan, minuman, bahkan oleh-oleh khas kota itu. Seperti baju dengan jargon-jargon unik daerah itu.

Menurut Muslihat, kejurnas dayung ini juga dapat menjadi ajang promosi jambi di tingkat nasional. Terutama Danau Sipin yang menjadi venue Kejurnas Dayung. Terlebih saat ini Danau Sipin tersebut tengah mendapat perhatian khusus dari pemerintah kota itu untuk dijadikan objek wisata.

Kejurnas Dayung tingkat pelajar di danau itu dilaksanakan dari tanggal 24-27 Juli 2019.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019