Universitas Jambi (Unja) menggelar prosesi wisuda bagi 1.425 mahasiswa dalam dua tahap yakni wisuda ke-87 pada Sabtu (3/8) dan ke-88 yang digelar Senin (5/8) di Balairung Kampus Unja di Mendalo Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi.

Kegiatan wisuda digelar dalam rapat senat terbuka yang dipimpin oleh Rektor Unja Prof H Johni Najwan SH MH Ph.D yang dihadiri seluruh Anggota Senat Unja, pimpinan universitas, para orang tua/wali, keluarga dari para wisudawan dan wisudawati.

Wisuda dilakukan untuk mahasiswa program doktor, magister, profesi, sarjana dan diploma. Wisuda ke-87 diikuti oleh 1.000 mahasiswa, sedangkan wisuda tahap kedua untuk mengukuhkan 425 lulusan lainnya dari seluruh prodi di kampus itu.

Pada kesempatan itu, rektor menyampaikan apresiasi kepada wisudawan. Apresiasi juga bagi orang tua/wali serta keluarga masing-masing yang telah berandil menghantarkan putra-putri serta keluarga mereka menyelesaikan pendidikan di kampus Unja.

Ia menyebutkan, peranan keluarga sangat penting dan menentukan dalam mendukung program pendidikan sehingga bisa menuntaskan pendidikan.

Rektor juga mengapresiasi para orang tua dan keluarga yang telah sama-sama menjaga dan mendukung kelangsungan pendidikan para mahasiswa, dengan berbagai dinamikanya.

Di sisi lain, pada kesempaan itu, ia mengimbau kepada para lulusan untuk menjaga nama baik Universitas Jambi dalam berbagai aktivitas, serta tetap menjalin hubungan dengan almamater.

"Wisuda ini bukan akhir dari perjalanan pendidikan seseorang, tapi sebuah bagian dan tahapan dari perjalanan untuk menjalani babak baru yang penuh tantangan. Saya berharap saudara menjaga nama baik almamater dan berperan serta dalam membangun negeri," katanya.

Selain itu, ia juga menyebutkan para wisudawan atau lulusan merupakan aset dari perguruan tinggi dan diharapkan tetap dapat berhubungan dan membantu universitas dalam pengembangan pendidikan dan riset.

Pada kesempatan itu, Prof H Johni Najwan juga memaparkan kinerja perguruan tinggi itu dalam kaitanya pencapaian output 100 persen dalam penyerapan anggaran serta kemajuan pebangunan fisik.

Disebutkanya, Unja telah merealisasikan perjanjian kinerja Pembinaan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK-BLU) Kementerian Keuangan serta perjanjian kinerja dengan Kementerian Riset dan Teknologi - Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang juga menunjukkan kinerja yang baik. Ia juga menyampaikan sejumlah pencapaian prestasi dan kinerja, serta memaparkan sejumlah target yang ditetapkan dalam kerangka pengembangan universitas baik dalam jangka pendek, menengah dan panjang.

Hadir pula pada kesempatan wisuda ke-87 Unja tersebut Pimpinan Komisi X DPR-RI yang juga Sutan Adil Hendra dan Ditektur Penuntutan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejagung Febrie Adriansyah, keduanya alumni Universitas Jambi. Selain itu juga hadir Forkompimda Provinsi Jambi dan undangan lainnya.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019